Kamis, 18 Juli 2024
Selular.ID -

Wujudkan Smart City, Pemkab Konawe Selatan Terapkan Solusi XL Axiata

BACA JUGA

Selular.ID – XL Axiata Business Solutions siap sepenuhnya mendukung upaya digitalisasi guna mempercepat implementasi program-program smartcity dan konektivitas wilayah kabupaten dan pedesaan di Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara.

XL Axiata Business Solutions menjalin kerjasama dalam penyediaan jaringan internet berkecepatan tinggi untuk kabupaten Konawe Selatan dengan seluruh perangkat Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Chief Enterprise & SME Officer XL Axiata, Feby Sallyanto mengatakan, “Melalui kerja sama ini kami akan membantu pemerintah Konawe Selatan untuk menerapkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) secara optimal untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat serta mendukung proses pengembangan daerah Konawe Selatan ke arah digital untuk semua sektor mulai dari industri, pertanian, perkebunan hingga kelautan.”

Baca Juga: Gerakan Menuju Smart City 2022, Berhasil Jangkau 50 Kota

Lebih lanjut lagi Feby menjelaskan, dalam mendukung program smart city di daerah-daerah, XL Axiata Business Solutions memiliki kesiapan yang mencakup sumber daya, teknologi, hingga pengalaman dalam implementasi pelaksanaan program sejenis di sejumlah daerah di Indonesia.

Kerja sama antara XL Axiata Business Solutions dengan Pemkab Konawe Selatan meliputi penerapan beragam solusi (ICT Terintegrasi).

Implementasi ini akan mulai dijalankan pada kuartal ke-2 2023.

Selanjutnya, tahun ini juga XL Axiata Business Solutions juga akan bekerja sama juga dengan beberapa daerah industry di area Sulawesi.

Baca Juga: Ekspansi Pasar, Qlue Implementasi Smart City di Jepang

XL Axiata Business Solutions juga mendukung implementasi teknologi digital di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta guna menangani masalah banjir melalui program Jakarta Smart City.

Pada proyek ini, XL Axiata menerapkan “IoT Flood Monitoring” guna memantau tingkat ketinggian air di sejumlah titik utama yang mempengaruhi potensi terjadinya banjir.

Teknologi ini memberikan manfaat berupa sensor sungai yang real time dengan sistem pemantauan, konektivitas yang andal, smartcity dashboard, serta big data dan analitik.

Baca Juga: Kolaborasi Grab, Emtek dan Bukalapak Untuk Wujudkan “Smart City” di Indonesia

XL Axiata Business Solutions juga telah membantu Pemerintah Kota Bengkulu dalam merintis program smartcity di tahun 2021.

Di kota ini, telah berhasil diterapkan antara lain penerangan jalan umum yang menerapkan IoT.

Dengan digitalisasi, operasional penerangan jalan bisa berlangsung secara efisien dan efektif, meliputi waktu menyala dan padam, tingkat kecerahan lampu, hingga penggunaan energinya.

Di Bengkulu juga, telah diterapkan solusi “IoT Thermal Imaging” untuk mengukur suhu tubuh guna ditempatkan di perkantoran.

Solusi ini telah diimplementasikan di gedung-gedung perkantoran guna mencegah penularan penyakit berbahaya.

Baca Juga: Cari Investor, Telkom Pamerkan Solusi Smart City IKN di Inggris

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU