Rabu, 19 Juni 2024

Harga Bitcoin Tembus $30.000 Untuk Pertama Kalinya Dalam 10 Bulan

BACA JUGA

Uday Rayana
Uday Rayana
Editor in Chief

Selular.ID – Harga bitcoin naik melewati $30.000 untuk pertama kalinya sejak Juni pada Selasa (11/4), melanjutkan reli yang mendorong harga melonjak hampir dua kali lipat sejak awal tahun.

Harga mata uang kripto paling berharga di dunia mencapai $30.100 pada Selasa pagi, naik lebih dari 6,5% dalam 24 jam sebelumnya.

Nilai bitcoin telah meningkat lebih dari 80% sejak awal tahun dari $16.836.

Ether, cryptocurrency terbesar kedua di dunia, juga melonjak naik pada Selasa saat bergerak melewati $1.900 untuk pertama kalinya sejak Agustus.

Sebelumnya harga bitcoin menukik tajam tahun lalu setelah industri kripto terperosok dalam berbagai skandal, termasuk runtuhnya token Terra/Luna, kebangkrutan pemberi pinjaman kripto Celcius, dan pertukaran kripto FTX.

Menurut CNBC, alasan di balik pemulihan bitcoin saat ini sebagian dikaitkan dengan ekspektasi bahwa angka inflasi yang akan datang dapat mendorong jeda dalam kenaikan suku bunga Federal Reserve yang sedang berlangsung.

Baca Juga: Aset Kripto yang Potensial Pekan Ini, Bitcoin Bakal Bullish Lagi?

Selain itu, laporan Bloomberg, menyebutkan bahwa volume perdagangan cryptocurrency yang lebih rendah saat ini juga dapat memperbesar lonjakan harga.

Catatan menunhjukkan, $68.789,63 adalah harga bitcoin pada November 2021, saat nilainya berada pada titik tertinggi sepanjang masa.

Meski saat ini bitcoin terus menguat, beberapa pemain terbesar di industri crypto menghadapi tindakan keras dari regulator.

Bulan lalu, Komisi Perdagangan Berjangka Komoditas (CFTC) menuntut Binance, pertukaran crypto terbesar di dunia, dan pendiri miliardernya Changpeng Zhao karena melanggar undang-undang perdagangan komoditas.

Dalam rilisnya, CFTC menuduh perusahaan menjalankan “operasi ilegal di ruang aset digital” dan menuduh Zhao dengan sengaja menghindari hukum AS.

Pertukaran crypto besar lainnya, Coinbase, mengungkapkan bulan lalu bahwa mereka telah menerima pemberitahuan Wells dari Securities and Exchange Commission.

Pemberitahuan tersebut menunjukkan SEC telah mengidentifikasi apa yang diyakininya sebagai potensi pelanggaran peraturan oleh perusahaan.

Baca Juga: Harga Bitcoin Naik Tajam, Penyebabnya Bikin Geleng-geleng Kepala

*Artikel ini telah tayang di Fintechpost.ID

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU