Selasa, 18 Juni 2024
Selular.ID -

Berpotensi Mendominasi, Inggris Hadang Microsoft Akuisisi Activision

BACA JUGA

Selular.ID – Otoritas Persaingan dan Pasar Inggris (CMA) memutuskan ketetapan terhadap kesepakatan akuisisi Activision Blizzard Entertainment senilai $68,7 miliar dari Microsoft.

Sesuai CMA, kesepakatan potensial untuk Blizzard Entertainment akan membuat Microsoft menjadi pemain dominan di bidang cloud gaming sekaligus mencekik persaingan dan meninggalkan gamer Inggris dengan menyempitkan pilihan di tahun-tahun mendatang.

“Cloud gaming membutuhkan pasar yang bebas dan kompetitif untuk mendorong inovasi dan pilihan. Microsoft telah menikmati posisi yang kuat dan unggul dibandingkan pesaing lain dalam cloud gaming dan kesepakatan ini akan memperkuat keunggulan tersebut dengan memberikan kemampuan untuk melemahkan pesaing baru dan inovatif.” – Martin Coleman, Ketua Panel CMA

CMA memperkirakan Microsoft menyumbang 60-70% dari layanan game cloud global melalui Windows dan portofolio Xbox-nya dan juga mencatat kemungkinan Microsoft membuat game Call of Duty eksklusif untuk layanan Xbox Game Pass sebagai rintangan besar yang akan mengarah pada ketidakadilan dibandingkan pesaing.

Microsoft dan Activision Blizzard akan mengajukan banding atas keputusan CMA dengan Pengadilan Banding Persaingan Inggris dengan kedua belah pihak tetap berkomitmen untuk akuisisi tersebut.

Ada keberatan serupa dari komisi antimonopoli UE, jadi kita harus menunggu dan melihat apakah kesepakatan terbesar dalam game benar-benar akan terjadi.

Baca Juga: Layanan Cloud Milik Microsoft Pakai ChatGP

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU