Jumat, 19 April 2024
Selular.ID -

Fitur Car Key Pakai NFC di iOS, Akan Dihilangkan

BACA JUGA

Selular.ID – Pada update iOS 16.4 beta 3 nanti kabarnya fitur Car Key yang sebelumnya bisa dilakukan dengan terhubung NFC kedepannya akan dihilangkan.

Sebenarnya Car Key diperkenalkan pada tahun 2020 dengan iOS 13.6. Dan seperti namanya, fitur tersebut memungkinkan pemilik mobil menggunakan iPhone atau Apple Watch mereka untuk membuka kunci pintu dan bahkan menyalakan mobil.

Saat ini, Car Key bekerja dengan teknologi NFC dan Ultra Wideband (UWB), tetapi Apple mungkin akan menghentikan dukungan untuk NFC di masa mendatang. Inilah yang disarankan oleh beta terbaru iOS 16.4.

Kode dari iOS 16.4 beta 3 yang dikutip oleh 9to5Mac mengisyaratkan bahwa Car Key akan menghilangkan dukungan untuk teknologi NFC di masa mendatang.

Lebih khusus lagi, string baru yang ditambahkan ke sistem operasi iPhone mengatakan bahwa “mobil tidak kompatibel dengan model iPhone/Apple Watch ini” untuk perangkat yang hanya kompatibel dengan NFC.

Baca juga: Peneliti Keamanan Menyelidiki 2 Bug di iOS 16.3 dan macOS 13.2

Bagi mereka yang tidak terbiasa, NFC (near-field communication) adalah teknologi yang sama yang digunakan untuk Apple Pay, di mana perangkat harus didekatkan dengan pembaca untuk memulai koneksi dan mengirimkan data.

UWB di sisi lain, adalah teknologi yang lebih modern dan cerdas yang dapat mengukur jarak antara dua perangkat dengan tepat.

UWB juga lebih aman daripada NFC. AirTag Apple adalah contoh perangkat yang bekerja berdasarkan teknologi Ultra Wideband.

Untuk fitur Car Key ini berfungsi dengan iPhone XS atau lebih baru dan Apple Watch Series 5 atau lebih baru karena semua perangkat ini dilengkapi dengan teknologi pembacaan tag latar belakang NFC.

Namun, perangkat yang dilengkapi chip U1 dapat memanfaatkan teknologi UWB untuk pengalaman Car Key yang lebih baik.

Baca juga : Tantang Twitter dan Mastodon, Bluesky milik Jack Dorsey Mulai Tersedia di iOS App Store

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU