Selular.ID – Pelanggan Telkomsel dari tahun ke tahun mengalami penurunan, lalu apa tanggapan dari operator telekomunikasi plat merah ini.
Pasalnya, pelanggan Telkomsel yang sebelumnya lebih dari 170 juta tahun 2019, menjadi 169,2 juta tahun 2021 kemudian turun lagi menjadi 156,8 juta pelanggan tahun 2022.
Menanggapi hal tersebut Senior VP Consumer Sales Operation Telkomsel, Gilang Prasetya mengatakan penurunan pelanggan ini tidak berdampak kepada pertumbuhan perusahaan.
Gilang mengatakan Telkomsel memang mencari pelanggan yang loyal, smart dan berkontribusi.
TONTON JUGA:
“Saat ini, Telkomsel mencari pelanggan yang sehat, smart dan berkontribusi. Memang ada pelanggan yang tidak sehat hanya numpang saja,” ujarnya, Rabu (28/3/2023).
“Kami tidak mengejar pelanggan yang tidak berkontribusi sedangkan kita ada investasi,” sambungnya.
Baca juga: Telkomsel Bakal Susul XL, Indosat dan Smartfren Gunakan e-SIM
Meskipun pelanggannya mengalami penurunan, akan tetapi Telkomsel mengatakan jika pihaknya justru lebih fokus untuk memberikan pelayanan.
“Para pelanggan yang sehat ini kerap mengakses layanan kami misalnya menjadi pelanggan prime dan lainnya sehingga kami fokus untuk memberikan pelayanan,” lanjutnya.
Baca juga: Telkomsel Sediakan Ratusan Posko Di Momen Ramadan dan Idul Fitri 1444 H
Pendapatan Bertumbuh
Meskipun mengalami penurunan pelanggan, akan tetapi Telkomsel mengalami pertumbuhan pendapatan.
Hal tersebut terlihat dari pemaparan pencapaian PT Telkom sepanjang 2022.
Tercatat BUMN telekomunikasi itu membukukan pendapatan konsolidasi sebesar Rp 147,31 triliun atau tumbuh sebesar 2,9% daripada periode yang sama tahun lalu.
EBITDA sebesar Rp 78,99 triliun atau tumbuh 4,3% YoY dengan laba bersih operasi Rp 25,86 triliun atau tumbuh 7,7% YoY.
Kinerja apik Telkom tak dapat terlepas dari kinerja Telkomsel.
Baca juga: Tutup 2022, Kontribusi Telkomsel Ke PT Telkom Tembus Rp 89,04 Triliun