Selular.ID – TikTok TV resmi rilis di Indonesia awal pekan ini, lalu apa kelebihannya?
Dalam publikasi di laman resminya, Tiktok TV memungkinkan pengguna menonton konten TikTok di layar yang lebih besar.
“Hari ini, kami senang dapat mempersembahkan aplikasi TikTok TV di Google TV™ dan perangkat lain dengan sistem operasi Android TV™, Samsung Smart TV,” tulis TikTok di laman Newsroom.
TikTok sendiri memiliki lebih dari satu miliar pengguna di seluruh dunia dan tengah menjadi platform yang sangat populer.
TONTON JUGA:
Kehadiran layanan baru yang memungkinkan pengguna untuk menonton di layar yang lebih besar membuat mereka dapat meningkatkan pengalaman mereka.
TikTok menyebut kehadiran fitur barunya ini akan membuat “keluarga dan sahabat dapat menikmati TikTok bersama-sama sebagai bagian dari rutinitas harian atau mingguan pelanggan.”
Baca juga: Cara Jitu “Live Selling” Di TikTok
Aplikasi TikTok TV terrancang sesuai dengan pengalaman menonton TV di rumah.
Aplikasi ini memberikan akses yang mudah untuk menonton konten di laman “For You” dan “Following” di TV.
Pengguna di Indonesia dapat masuk ke ke aplikasi TikTok TV dengan menggunakan akun TikTok yang mereka miliki.
Cara login ke TikTok TV
Pengguna dapat mengakses akunnya di aplikasi TikTok TV dengan mengikuti beberapa langkah mudah, yakni:
1. Buka aplikasi TikTok TV
2. Klik ikon “Avatar” pada bagian kanan atas layar
3. Kunjungi laman https://tv.tiktok.com/activate di ponsel
4. Masuk menggunakan akun yang dimiliki
5. Masukkan kode yang muncul di TV
Baca juga: Harga Samsung Galaxy A53 5G Bulan Februari 2023, Masih Worth It Tahun Ini
Selain cara tersebut, pengguna juga melakukan scan atau pindai kode QR yang muncul di layar TV menggunakan aplikasi TikTok yang ada di ponselnya.
Sementara itu mengutip Statista, pengguna TikTok di Indonesia per Februari 2023 berjumlah 109,9 juta dan berada di urutan kedua terbanyak di dunia setelah Amerika Serikat (AS) dengan 113,25 juta.
Statista juga mencatat antara 2021 hingga 2022, beberapa media sosial populer menambahkan fitur video pendek ke dalamnya, mengikuti jejak TikTok.
Youtube misalnya meluncurkan Youtube Shorts pada Juni 2021 dan berhasil mendapatkan 1,5 miliar pengguna aktif hanya satu tahun sejak rilus.
Sebelum Youtube, Instagram telah lebih dahulu meluncurkan Reels pada Agustus 2020.
Dari video reguler berdurasi agak panjang, Reels punya tingkat penonton yang lebih tinggi dan lebih banyak likes daripada konten lain di Instagram.
Baca juga: Apple dan Google Diminta Blokir TikTok Demi Keamanan Nasional