Sabtu, 2 Agustus 2025

Platform IDEAL Memudahkan Pengguna Dapatkan KPR Digital

BACA JUGA

Selular.ID – Platform pengajuan Kredit Pemilikan Ruman (KPR), IDEAL resmi menghadirkan produk KPR Secondari yang memungkinkan para penggunanya, dapat memilih produk KPR terbaik sesuai dengan kondisi finansial.

Para pengguna dapat memilih produk KPR terbaik sesuai dengan kondisi finansial dan pengguna bisa melakukan pengajuan KPR ke tiga bank sekaligus.

Dalam satu waktu di mana kamu sebagai pengguna dapat melakukan secara fully digita melalui website atau aplikasi mobile IDEAL

Co-Founder & President IDEAL Indonesia Ian Daniel Santosa mengatakan rata-rata calon pembeli sudah menemukan rumah impian belum mendapatkan produk KPR terbaik yang sesuai dengan kebutuhan finansial mereka. Tidak hanya itu, keputusan untuk memilih produk KPR secara tradisional pun masih didasari oleh pengaruh dari agen atau tenaga kerja properti. Proses pengajuan KPR secara tradisional juga cenderung memakan waktu yang panjang dan melelahkan bagi calon pembeli. Padahal, KPR merupakan salah satu keputusan terbesar dalam hidup seseorang.

Baca juga: Cara Mudah Mengajukan KPR Via Aplikasi

Ia menambahkan bahwa potensi kredit KPR?KPA di Indonesia secara umum sangat besat, di mana 75% masyarakat menggunakan metode KPR/KPA untuk membeli rumah.

“Market size untuk KPR di Indonesia sendiri mencapai kurang lebih US$39 juta dan diproyeksi akan tumbuh belasan persen CAGR dalam lima tahun kedepan. Calon pembeli rumah masih banyak yang menghadapi tantangan dan belum banyak pemain yang benar-benar mampu menjawab kebutuhan pasar saat ini,” Ujarnya.

Co-Founder & COO IDEAL Indonesia Indira Nur Shadrina menyampaikan bahwa salah satu masalah yang sering muncul saat melakukan survei untuk produk KPR Secondary adalah biaya appraisal. Dari sisi pengguna, mereka ingin memperbesar kesempatan untuk disetujui KPR-nya dengan mengajukan ke lebih dari satu bank, hanya saja biaya yang dikeluarkan tidak dapat dikembalikan bila pengajuan tersebut ditolak atau pengguna memutuskan untuk mengambil KPR di bank lain.

Dengan produk KPR Secondary, IDEAL terus berupaya untuk menjadi solusi dari masalah tersebut dengan menggantikan seluruh biaya appraisal ketika proses pembelian rumah dan KPR yang diajukan telah selesai.
Dalam pengajuan produk Secondary, pengguna IDEAL akan diminta untuk melakukan appraisal ke masing-masing bank tujuan. Hal ini dilakukan sebagai bentuk dari edukasi kepada pengguna baru, di mana IDEAL akan menalangi seluruh biasa tersebut hingga maksimal ke tiga bank dengan mekanisme cashback saat pengajuan KPR dan proses jual beli rumah telah selesai.

Dilakukan melalui satu platform secara seamless, selain memberikan informasi yang mudah dimengerti dan kontekstual, IDEAL mendesain produk KPR Secondary dengan sejumlah fitur yang mempermudah pengguna untuk mengajukan KPR. Fitur ini antara lain fitur autosave dan autofill yang mempermudah untuk mengisi beberapa field yang perlu dilengkapi.

Dilakukan secara digital, proses end-to-end telah disertifikasi ISO 27001 untuk menjaga keamanan data sehingga pengguna tidak perlu khawatir terkait dengan keamanan datanya.

Co-Founder & CEO IDEAL Indonesia Albert Raharja Surjaudaja mengatakan, “sistem kami memiliki audit trail dan watermark yang membuat semua jejak dan flow data tercatat dalam sistem. IDEAL juga telah bersertifikasi ISO 27001 tentang keamanan data dengan standar internasional.”

IDEAL juga telah bekerja sama dengan beberapa developer ternama di Indonesia seperti Sinar Mas Land, Ciputram PIK2 Group, dan tujuh bank nasional seperti Bank Mandiri, CIMB Niaga, OCBC NISP, Danamon, Permata, Maybank, dan Bank Panin. IDEAL juga kini tengah menjajaki kerja sama dengan bank-bank lain untuk memperluas ekosistem perbankan di platform-nya.

Baca juga: Upaya Perbankan Permudah Nasabah Akses Pengajuan KPR Secara Online

Seperti yang diiketahui, perusahaan telah mendapatkan suntikan dana segar dalam putaran pendanaan tahap awal senilai US$3,8 juta dari AC Ventures pada pertengahan tahun 2022 dan telah melengkapi aplikasi mereka dengan fitur IDEAL Compass yang memungkinkan pengguna mendapatkan rekomendasi produk KPR dari tujuh bank besar yang sudah bekerja sama dengan IDEAL. Produk yang direkomendasikan tersebut highly personalized yang sesuai dengan preferensi dan karakteristik dari pengguna meliputi umur, profesi, preferensi bunga, kemampuan cicilan bulanan, jenis KPR, dll.

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU