Upaya Perbankan Permudah Nasabah Akses Pengajuan KPR Secara Online

Upaya Perbankan Permudah Nasabah Akses Pengajuan KPR Secara Online

Jakarta, Selular.ID – Sektor properti merupakan salah satu fokus pemerintahan dalam pilar ekonomi digital yang diproyeksikan berkembang 40% dari nilai ekonomi digital ASEAN.

Dengan cepatnya disrupsi teknologi saat ini, Bank Tabungan Negara (BTN) menyadari bahwa teknologi dan digitalisasi adalah masa depan industri properti.

Faktanya, rumitnya mengatur dokumen yang dibutuhkan untuk proses pembelian properti merupakan salah satu tantangan bagi calon pembeli.

Selain itu, data menunjukkan sekitar 75,08% konsumen memilih menggunakan KPR sebagai pembiayaan pembelian properti, yang memerlukan proses pengajuan dan dokumen yang cukup panjang.

Oleh karena BTN mencari jalan memperluas dan mempermudah akses pengajuan KPR secara online, untuk menjawab tantangan ini. Yakni dengan menunjuk Pinhome, platform transaksi jual, beli, dan sewa properti berbasis teknologi

Dayu Dara Permata, CEO-Founder Pinhome mengatakan kemitraan ini adalah kemitraan strategis dalam hal teknologi informasi terkait properti, jasa layanan operasional, pemasaran, serta layanan digital mortgage lainnya untuk setiap stakeholder properti dan perumahan.

“Dalam kemitraan ini, Pinhome mendukung BTN dalam mempersiapkan digital mortgage ecosystem dan meningkatkan penyaluran, layanan operasional, memperluas akses pengajuan KPR online, pemasaran, serta menambah kanal penjualan properti bagi mitra developer,”ujar Dayu.

Menurut Dayu, BTN sebagai bank penyalur KPR di Indonesia tentu membutuhkan mitra strategis dalam pembangunan sistem dan platform teknologi yang mendukung penyaluran KPR serta pembiayaan rumah.

Dikatakan Dayu, Pinhome bakal menyediakan solusi secara menyeluruh atau end-to-end mulai dari pembuatan aplikasi untuk listing properti primer dan sekunder, jasa manajemen pemasaran melalui kanal digital, hingga bantuan operasional untuk melayani konsumen dan developer seperti contact center dan tele-collection.

Pinhome dan BTN juga berkolaborasi dalam sistem database dan layanan pengelolaan kebutuhan perumahan bagi setiap stakeholder properti dan perumahan. Selain itu, kerja sama ini juga mencakup sinergi layanan pemasaran bagi stakeholder mortgage properti perumahan dan kerja sama lainnya yang memperkuat ekosistem layanan properti.

Ruang lingkup kerjasama ini meliputi hal penyaluran KPR atau pembiayaan perumahan dan pembangunan sistem dan platform teknologi pendukungnya, seperti pembangunan aplikasi dan sistem teknologi KPR untuk berbagai stakeholder, seperti calon debitur, pengembang atau developer, dan agen atau kantor properti.

Baca Juga:Aplikasi Pinhome Menjawab Kebutuhan Properti di Era Digital

“Kerja sama ini juga meliputi jasa manajemen pemasaran dan operasional untuk calon debitur, jasa manajemen operasional untuk pengembang atau developer, jasa manajemen operasional agen/kantor properti, jasa manajemen hubungan (CRM) dengan agen/kantor properti, dan jasa sentralisasi invoicing/pembayaran satu pintu melalui Pinhome untuk para agen/kantor property,”terang Dayu.

Pinhome Indonesia telah meluncurkan aplikasi untuk menjawab kebutuhan konsumen akan transaksi properti yang mudah, cepat, dan transparan. Aplikasi ini juga memudahkan masyarakat untuk mencari, membeli, menjual, menyewa, dan melakukan transaksi berbagai jenis properti. Aplikasi Pinhome dapat diunduh di Appstore maupun Play Store.