IDC: Penjualan Tablet 2022 Turun, Chromebook Menukik

Laptop phone tablet

Selular.IDIDC baru saja merilis laporan pasar 2022 setahun penuh dan Q4 2022 untuk pengiriman tablet dan Chromebook, dan hasilnya tidak ideal.

Secara keseluruhan, pasar tablet menyusut sebesar 3,3% sepanjang tahun 2022, tetapi membukukan pertumbuhan datar sebesar 0,3% untuk Q4 di tahun yang sama.

Namun, setelah tahun 2021 yang kuat dengan pertumbuhan gila-gilaan sebesar 180,5%, pasar Chromebook pasti akan kembali normal dan mencatat penurunan pengiriman sebesar 48% untuk tahun 2022 penuh dan penurunan unit sebesar 24,3% pada Q4 2022.

Di kerumunan tablet, kekuatan pendorong utama pasar pada tahun 2022, seperti biasa, adalah Apple dan Samsung.

Apple masih menjadi pemimpin dengan pangsa pasar 49,2% di Q4 dan 38% sepanjang tahun 2022, diikuti oleh Samsung dengan masing-masing hampir 16,8% dan 18,6%.

Untuk tahun 2022, Apple adalah satu-satunya OEM yang membukukan pertumbuhan moderat sebesar 7% untuk tahun 2022 sementara untuk kuartal keempat.

Perusahaan mencatat pertumbuhan yang mengesankan sebesar 28,8% dari tahun ke tahun.

Sementara Samsung mengalami peningkatan penjualan sebesar 7,1% untuk tahun-tahun sebelumnya di periode yang sama.

IDC: Penjualan Tablet 2022 Turun, Chromebook Menukik

Amazon, Huawei, dan Lenovo semuanya mencatat pertumbuhan negatif untuk kedua periode tersebut dan analis pasar menyarankan vendor harus membuai konsumen arus utama (kelas menengah) untuk keuntungan jangka panjang.

Itulah sebabnya beberapa pemain baru, seperti Oppo dan Xiaomi, memperkenalkan beberapa tablet kelas menengah pada tahun 2022.

Hal ini terutama berlaku di masa ekonomi yang sulit ketika pengguna berpikir dua kali sebelum memilih tablet dengan spesifikasi lebih tinggi dan merasa sulit untuk membenarkan pembelian premium.

Baca Juga: IDC: Pasar Ponsel Low-End Indonesia Anjlok

IDC: Penjualan Tablet 2022 Turun, Chromebook Menukik

Untuk pasar Chromebook, tahun 2021 yang luar biasa membuat tahun 2022 terlihat buruk, tetapi pada kenyataannya, meskipun permintaan telah meningkat secara signifikan, penumpukan inventaris mulai berkurang.

Terutama dengan “musim kembali ke sekolah” yang akan datang.

IDC: Penjualan Tablet 2022 Turun, Chromebook Menukik

Sayangnya, analis memperkirakan kemajuan apa pun yang dibuat Chromebook di luar sektor pendidikan akan mereda sepanjang tahun 2023 karena permintaan perangkat semacam itu tidak terlalu populer di luar pendidikan.

PC akan terus menguasai segmen lainnya.

Baca Juga: IDC: 15% Pendapatan Perusahaan di 2023 Berasal dari Produk dan Layanan Digital