Selasa, 18 Juni 2024
Selular.ID -

Hari Pers Nasional 2023, Noice Ingin Buat Kanal Curhat Jurnalis

BACA JUGA

Selular.ID – Noice di spesial hari pers nasional mengundang para jurnalis untuk mengetahui perkembangan teknologi audio yang ada serta sharing pengalaman dari para jurnalis selama mengemban tugas.

Perkembangan industri audio di Indonesia, audio itu sendiri menjadi salah satu tools yang mempunyai kekuatan dalam memberikan berita.

Mengingat dahulu, dalam hal demokrasi Republik Indonesia yang pertama kali menyiarkan kemerdekaan ialah dari radio.

Dan kini radio pun semakin berevolusi, dari dahulu basisnya radio fm ataupun am, sekarang radio sudah merambah ke digital.

Dan dari radio digital pun semakin berevolusi dari sisi konten audionya, bukan hanya lagi konten audio seperti music atau berita, tapi makin berkembang lagi dengan adanya podcast.

Industri pers sebagai industri yang paling awal berkontak dengan permasalahan yang ada.

Dan transformasi digital pun menjadi mengubah banyak hal, salah satunya seperti di industri media yang dahulu bentuk koran, majalah tabloid kini turun produksinya.

Lalu radio, televisi analog juga sudah mulai bertransformasi ke digital, tapi itu sebenarnya bukan malah memperlesu menjadikan itu sebagai kekuatan baru dalam menjangkau pembaca, pendengar, atau penonton lebih banyak lagi.

Apalagi yang paling terasa juga ialah dengan hadirnya pengadopsian digital di radio audio dengan konten podcast.

Di Indonesia saja tercatat pada tahun 2021 data menunjukan bahwa mempunyai pendengar podcast terbanyak kedua di dunia dengan persentase 35,6% dibawah Brazil yang berada di 37%.

Bahkan di negara Amerika Serikat, media-media online disana sudah mengadopsi konten audio didalam website nya, jadi ketika membaca artikel di websitenya ada fitur yang bisa play audio untuk membacakan artikel yang dimuat.

Menurut pemaparan dari Niken Sasmaya, Co-Founder & CBO Noice, Di Amerika Serikat sana ada sebanyak 161 juta audience yang mendengarkan konten berita melalui format audio, menjadikan ini sangat tumbuh pesat sekitar 264% dan ada penambahan sekitar 26 juta pendengar audio news yang ada di Amerika Serikat.

Jika ini akan diadopsi di Indonesia sebenarnya bisa, Niken pun menambahkan bahwa peluang itu terlihat dari data yang ada di Noice itu kini sudah ada sekitar 5 juta pengguna yang mendengarkan platform audio streaming tersebut.

Dan bertepatan di hari Pers Nasional ini, Noice berdiskusi dengan beberapa wartawan dengan berbagi pengalaman mengenai keluh kesahnya selama menjadi seorang pers.

Setalah berbagai cerita diberikan dari para wartawan yang hadir, Niken bergurau bahwa ternyata keluh kesahnya sangat beragam, dan ingin membuat platform khusus untuk curahan hati para wartawan.

“Sangat beragam ceritanya, menarik juga apabila di buatkan platform khusus para wartawan menceritakan keluh kesahnya.” Ujar Niken dengan nada becanda.

Dengan bermain di industri audio streaming, mereka yakin bahwa ini akan terus berkembang. Karena menurut data di Global Web Indeks pada tahun 2021 – 2022 pendengar podcast naik sebanyak 25% jadi ada sekitar 55 menit bagi untuk mendengarkan podcast.

Baca juga : Noice Hadirkan Audioseries, Mirip Sandiwara Radio Tempo Dulu

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU