Rabu, 19 Juni 2024
Selular.ID -

Aplikasi PeduliLindungi Akan Berganti Nama Menjadi Satu Sehat Mobile

BACA JUGA

Selular.ID – Siapa yang tidak mengenal aplikasi yang satu ini, aplikasi PeduliLindungi sebentar lagi akan berubah nama. Karena, Kementrian Kesehatan (Kemenkes) memutuskan mengubah PeduliLindungi menjadi Satu Sehat Mobile.

Setiaji selaku Chief Digital Transformation Officer Kemenkes mengatakan transformasi PeduliLindungi jadi Satu Sehat Mobile mulai 28 Februari 2023.

“Kita sedang mentransisi PeduliLindungi menjadi satu sehat, akan kita launching mudah-mudahan 28 Februari,” Kata Setiaji seperti dikutip dari berbagai sumber.

Setiaji mengatakan apabila di era PeduliLindungi, aplikasi ini lebih banyak fokus tentang virus Corona (COVID-19), ketika Satu Sehat Mobile nanti lebih penyakit secara menyeluruh.

Baca juga: Cara Beli Minyak Goreng Pakai Aplikasi PeduliLindungi, Berlaku Mulai Hari Ini

Setiaji mengungkapkan terkait fitur yang akan disediakan di aplikasi Satu Sehat Mobile, salah satunya dapat terhubung dengan perangkat wearable. Jadi, para pengguna dapat menukarkan poin ketika mereka jalan kaki dengan vitamin dan lainnya.

Aplikasi ini juga dibuat untuk dapat mengakses riwayat kesehatan, mulai dari hasil laboratorium, kardiologi, dan vaksinnya, contoh yakni polio.

“Ibu-ibu bisa akses vaksinnya, vaksin anak-anak, kan satu manfaat ya pada waktu nanti anaknya mau keluar negeri mau kuliah udah polio belum, nah akan ada di dalam satu sehat aplikasi,” Ujarnya.

Pasalnya, Kemenkes mengumumkan transformasi PeduliLindungin menjadi Satu Sehat Mobile, pengguna yang sebelumnya sudah mempunyai PeduliLindungi tidak perlu di-uninstall. Karena, akan ada pembaruan berupa penggantian nama dan fungsinya.

Baca juga: Yuk Simak Cara Daftar Vaksin Booster di Aplikasi PeduliLindungi

Setiaji menambahkan, menjamin soal keamanan data aplikasi Satu Sehat Mobile karena terlindungi di bawah Kemenkes. Sebab mereka juga sudah bisa melakukan persiapan seperti mendapat penilaian dari BSSN soal tata kelola.

Kemenkes juga sedang melakukan ISO 27001 untuk memastikan secara infrastruktur aplikasi dan lain sebagainya aman.

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU