Senin, 20 Mei 2024
Selular.ID -

Persaingan TSMC – Samsung Dipastikan Terus Berlanjut Di 2023

BACA JUGA

Selular.ID – Kedua perusahaan besar yang memproduksi chip yakni TSMC dan Samsung dipastikan akan terus tersaji di tahun ini, tapi TSMC terlihat lebih unggul.

Mungkin sebagian orang atau konsumen mengabaikan dari mana chipset yang mereka gunakan pada perangkat smartphone miliknya.

Karena persaingan kedua perusahaan tersebut masih kalah populer dengan persaingan antara brand Nike-Adidas atau bahkan Coca-cola & Pepsi.

Tapi perlu di garis bawahi chip yang ada pada smartphone yang anda gunakan tersebut bisa jadi itu buatan antara Samsung dan TSMC.

Karena keduanya, pernah merasakan dalam memproduksi chip Snapdragon Qualcomm, tapi rasanya TSMC memiliki keunggulan ketimbang rivalnya.

Karena dilaporkan Samsung kini kehilangan sebagian bisnisnya dengan Qualcomm karena sebelumnya mendapatkan hasil yang rendah.

Diawali perusahaan yang bermarkas di Korea Selatan itu memproduksi chipet flagship Snapdragon 8 Gen 1 yang terjadi di tahun lalu.

Tapi karena hasil yang rendah menyebabkan Qualcomm beralih pandangan, dan kini mempercayai TSMC untuk memproduksi Snapdragon 8+ Gen 1 dan Snapdragon 8 Gen 2.

Hasil tersebut adalah persentase chip yang diproduksi pada wafer silicon tunggal yang melewati control kualitas.

Samsung memiliki hasil hanya 35% untuk chip 4nm yang ada di Snapdragon 8 Gen 1, sedangkan untuk chip 4nm-nya milik TSMC hasilnya dua kali lipat yang mendapatkan 70%.

Ditambah juga belum lama ini TSMC memulai memproduksi chip 3nm dengan menggunakan node proses N3.

Dikutip dari berbagai laporan, bahwa hail N3 TSMC dapat berada dalam kisaran 60% hingga 70% atau tertinggi ada di 75% hingga 80%.

Intinya adalah bahwa rentang dimanapun tidak seburuk sama sekali. Dan seorang analis juga mengatakan bahwa hasil TSMC pada produksi awal N3 serupa dengan hasil awal N5 (5nm) pengecoran dan bisa setinggi 80%.

Disisi Samsung malah terus mendapatkan masalah dengan hasil, industry mengklaim bahwa hasil tahap awal Samsung pada prduksi 3GA3 (kelas 3nm) hanya berkisar di antara 10% dan 20%.

Baca juga : Chipset Bertenaga 3nm Dari TSMC Kabarnya Hadir di Q1 2023

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU