Cara Foto Keindahan Bulan Hanya Menggunakan Kamera Smartphone

Selular.ID – Cara foto dengan objek bulan menggunakan kamera smartphone tanpa adanya aplikasi pihak ketiga sangat mudah.

Beberapa hari terakhir kondisi di Jakarta dan sekitarnya cukup cerah baik siang hari maupun malam hari.

Yang mana terlihat juga kondisi langit pada malam hari itu terdapat objek-objek menarik, salah satu adanya bulan yang terpampang nyata.

Pasti sebagian orang yang ingin mengabadikan objek bulan tersebut dengan perangkat yang mudah digunakan tanpa harus menggunakan perangkat atau kamera profesional.

Jangan salah, untuk zaman seperti saat ini kamera smartphone sudah sangat canggih, kualitasnya pun beragam ada yang puluhan megapiksel hingga ratusan megapiksel.

Bukan hanya itu, untuk smartphone dengan kelas mid range atau yang lebih tinggi lagi flagship atau high end, pada kualitas kamera smartphonenya sudah di tambah juga chip pendukung agar hasil foto terlihat sangat bersih dan jernih.

Atau bahkan sebagian smartphone juga sudah diberikan beberapa teknologi AI yang membuat kualitas foto menjadi lebih jelas.

Cocok rasanya jika ingin memfoto objek bulan, dengan ditambah di smartphone tersebut sudah dibekali juga lensa tele menambah kesan sempurna pada hasil foto.

Untuk melihat contohnya sebagai berikut

Dikatakan dalam video tersebut merupakan hasil kualitas foto dari kedua perusahaan smartphone besar, iPhone dan Xiaomi.

Tidak diketahui smartphone jenis atau series apa yang mereka gunakan, namun terlihat bahwa hasil foto di smartphone Xiaomi terlihat lebih jelas ketimbang iPhone.

Bisa jadi itu di smartphone Xiaomi sudah dibekali dengan kualitas kamera yang sangat bagus dan ada teknologi AI camera.

Namun tidak semua perangkat smartphone telah dibekali teknologi AI atau tele lensa, ada juga masih yang terbatas.

untuk itu jika anda ingin memfoto objek yang jauh seperti bulan, anda bisa lakukan step yang diberikan oleh redaksi Selular.

Namun perlu dicatat juga, meskipun foto objek bulan ini kondisinya dimalam hari, bukan berarti menggunakan mode malam, tapi gunakan mode ‘pro’ agar bisa anda atur sendiri dari iso, shutter speed, white balance, hingga kemampuan jaraknya.

Dan berikut adalah stepnya, ambil contoh mengambil foto dengan objek bulan.

  1. Buka menu kamera bawaan smartphone anda
  2. Selanjutnya cari mode pro
  3. Jika sudah arahkan kamera smartphone anda pada objek bulan.
  4. Selanjutnya atur iso hingga yang paling rendah, sekitar iso 50 atau 100
  5. Lanjut atur bagian shutter speednya di angka 1/500 atau jika ingin diterangkan sedikit anda bisa kurangi dengan geser kekanan.
  6. Jika sudah diatur keseimbangan fotonya, anda zoom hingga mentok, atau yang paling mendekati objek bulannya.
  7. Momen pengambilan memang agak sedikit shaking atau goyang karena pengambilan objek yang sangat jauh. Dan itu sangat wajar.
  8. Atau jika ingin stabil pakai tripod
  9. Jika sudah dilakukan step seperti diatas tinggal klik, hasil foto akan terlihat.

Untuk hasilnya, ini adalah hasil foto yang berhasil redaksi Selular tangkap menggunakan smartphone Huawei Matepad 30 Pro pada hari Sabtu 7 Januari 2023.

Baca juga : Duel Camera Smartphone, Zenfone 9 vs VIVO X80 Keren Mana?