Cara Daftar Paspor Online Terbaru Di Aplikasi M-Paspor 2023

Cara Daftar Paspor Online
Cara Daftar Paspor Online

Selular.ID – Perlu diketahui cara daftar paspor online sekaligus rincian biayanya untuk kita lebih siap ketika membuat paspor.

Pembuatan paspor saat ini bisa dengan mudah dilakukan secara online terlebih dahulu melalui aplikasi M-Paspor milik Direktorat Jendral Imigrasi.

Seperti yang diketahui, kini masa berlaku paspor sudah 10 tahun. Ini juga berlaku berdasarkan Pasal 2A Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI (Permenkumham) Nomor 18 Tahun 2022.

“Kebijakan paspor dengan masa berlaku 10 tahun sudah dapat diimplementasikan mulai 12 Oktober 2022,” Ujar Widodo Ekatjahjana selaku Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jendral Imigrasi.

Baca juga: Cara Daftar NPWP Online dan Syaratnya, Mudah Dan Cepat!

Berikut Selular.ID sudah rangkum buat kamu, cara mendaftar paspor online terbaru yang dikutip dari berbagai sumber, ini dia langkah-langkahnya.

Cara daftar paspor online 2023

  1. Pertama, kamu bisa mengunduh aplikasi M-Paspor di Playstore atau Appstore.
  2. Selanjutnya, mendaftar dan log in di aplikasi tersebut saat pertama membuka aplikasi, kamu sebagai pemohon akan menemukan halaman yang meminta pengisian alamat E-mail dan kata sandi.

Pada bawah tombol “Masuk”, klik tulisan “Daftar Akun”. Isikan data diri pada form, lalu klik “Daftar”. Setelah itu, pemohon akan menerima Kode OTP melalui E-Mail.

Isi kolom di aplikasi dengan kode OTP yang kamu terima, lalu setujui seluruh syarat dan ketentuan yang muncul pada layar.