Selular Editor’s Choice: Best Smartwatch

Selular.ID – Inovasi jam tangan sudah berubah, sederet jam tangan pintar atau smartwatch sudah memiliki deretan fitur yang canggih, bahkan beberapa bisa menjadi best smartwatch di tahun ini.

Di era yang serba digital sekarang ini, jam tangan bukan hanya sekedar melihat waktu saja, tapi melainkan sudah disematkannya berbagai macam fitur dan teknologi yang membuat pengguna bisa menyesuaikan sesuai keinginan.

Smartwatch, bukan hanya sekedar melihat waktu yang kita rasakan, tapi juga bisa diganti tampilannya, atau menjadi penghitung pada saat berolahraga, atau mengukur tingkat Kesehatan diri.

Itu semua rata-rata smartwatch di zaman melek teknologi saat ini, sudah memiliki fitur seperti itu, baik dari harga ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Untuk itu redaksi Selular.ID telah merangkum beberapa smartwatch untuk masuk kedalam kategori Best Smartwatch di Selular Editor’s Choice 2022. Diantaranya:

Garmin Venu Sq 2
Samsung Galaxy Watch 5
Huawei Watch D
Mi Watch
Advan Start Go Army Force

Baca juga : Cara Memilih Smartwatch Sesuai Kebutuhan dan Berkualitas, Yuk Simak!

Sebelum mengetahui lebih tentang siapa pemenangnya, lebih baik simak terlebih dahulu beberapa keunggulan dari masing-masing smartwatch.

Garmin Venu Sq 2

Smartwatch dari Garmin ini mempunyai bahan alumunium yang ringan, serta dari segi layarnya sudah dilapisi oleh Corning Gorilla Glass 3 yang pasti sudah memiliki layar dengan kualitas AMOLED.

Smartwatch ini diklaim mempunyai ketahanan baterai hemat hingga 12 hari, untuk penggunaan mode semua sistem GNSS dan multiband hingga 20jam dan, mode semua sistem GNSS multi band dengan usik hingga 7 jam.

Lalu yang pasti sudah mempunyai pelacak kebugaran yang bisa mendeteksi selama 24 jam, yang bisa diputar kembali waktu dengan setiap Latihan.

Karena fitur ini menggunakan data VO2 Max, usia, frekuensi Latihan yang intensitas tinggi, denyut jantung istirahat dan BMI anda untuk menghitung kebugaran yang tepat pada usia anda.

Serta smartwatch ini memiliki 25 mode olahraga dalam dan diluar ruangan, termasuk seperti lari, aerobic, yoga, Latihan beban, tenis, golf, dll. Selain itu juga smartwatch ini bisa dibawa pada saat anda berenang, karena Garmin Venu Sq 2 ini sudah tahan air 5ATM.

Untuk harganya, dengan fitur yang dimilikinya smartwatch Garmin Venu Sq 2 dijual dengan harga Rp 3,399.000.

Samsung Galaxy Watch 5

Selanjutnya produk pabrikan dari negara Korea Selatan, Samsung dengan smartwatch andalannya Galaxy Watch 5.

Diawali dari segi layarnya yang mempunyai kualitas AMOLED dengan juga yang menggunakan layar berbahan Sapphire Crystal.

Serta selain itu juga smartwatch ini sudah dibekali dengan chip yang tertanam dari Exynos W920, dengan memiliki memori 1,5GB RAM dan 16GB ROM.

Untuk fitur utamanya seperti biasa adanya monitor detak jantung, mengecek detak jantung, dan memonitor tekanan darah.

Juga adanya fitur unggulan lain yakni seperti GPS, Glonass, Beidou, Galileo yang menjadikan ada instruktur apabila saat anda berlari outdoor dengan memperlihatkan rute.

Fitur-fitur olahraga pun juga sudah banyak untuk mendukung aktivitas olahraga anda, selain itu juga smartwatch ini mempunyai sertifikasi IP68 dan ketahanan air 5ATM.

Dari keunggulan yang dimilikinya, smartwatch Samsung Galaxy Watch 5 ini dijual mulai dengan harga Rp 3,499,000.

Huawei Watch D

Lanjut nominasi yang ketiga itu ada dari brand Huawei Watch D yang mempunyai kualitas layar yang tidak kalah tangguhnya yakni berbahan Graphite black alumunium dan berkualitas AMOLED serta memiliki resolusi 456 x 280 pixels pada bagian layarnya.

Di Huawei Watch D ini terlihat canggih juga karena adanya berbagai macam sensor seperti, accelerometer sensor, gyroscope sensor,  optical heart rate, ambient light, temperature sensor, differential pressure, dan hall sensor.

Untuk agar bisa disandingkan ke beberapa perangkat, smartwatch ini juga sudah didukung oleh 3 smartwatch yang memiliki sistem operasi berbeda, yaitu Android, HarmonyOS, dan iOS.

Untuk masalah konektivitas juga smartwatch Huawei Watch D memiliki segala macam teknologi konektivitas seperti GPS, NFC, dan Bluetooth 5.1

Pada fitur olahraganya, di smartwatch milik Huawei ini juga sudah memiliki 70 lebih macam penghitung pada saat anda berolahraga.

Fitur lainnya seperti step counter, penghitung detak jantung, memonitor pada saat tidur, penghitung tekanan oksigen, dan lain lain sudah didukung juga.

Tidak ketinggalan juga Huawei Watch D ini sudah dilengkapi dengan sertifikasi dari tahan air dan debu yakni IP68.

Berbicara soal harga, dengan fitur-fitur canggih yang banyak diberikan, Huawei Watch D dijual dengan harga Rp 5.499.000.

Mi Watch

Selanjutnya ada dari brand asal negeri Tiongkok, yakni Xiaomi dnegan smartwatchnya Mi Watch.

Diawali kembali dari segi layarnya yang sudah berkualitas AMOLED dengan ukuran layar 1,39 inch dengan resolusi 454×454.

Lanjut pada bagian fiturnya yang mana smartwatch ini sudah memiliki konektivitas Bluetooth 5.0 serta ada juga sistem pemosisian satelitnya seperti GPS, GLONASS, Galileo, dan BDS.

Untuk kapasitas baterai yang disematkan pada smartwatch Mi Watch kali ini mempunyai kapasitas sebesar 420mAh.

Lain itu juga yang pasti sudah mendukung beberapa macam pendukung pada saat berolah raga baik indoor, outdoor, maupun di dalam air. Karenanya di Mi Watch ini sudah tahan air 5ATM ditambah suhu pengoperasian dari -10 derajat hingga 45 derajat.

Untuk perangkat yang bisa terhubung, smartwatch ini hanya bisa terkoneksi dengan smartphone dengan sistem operasi Android 5.0 dan iOS 10.

Untuk harganya sendiri, Mi Watch ini cukup terjangkau yakni dikisaran harga Rp 999.000 di website resminya.

Advan Start Go Army Force

Yang terakhir dari brand Advan. Advan bukan hanya memproduksi smartphone saja, melainkan juga mempunnyai smartwatch andalannya yakni Advan Start Go Army Force.

Dengan harga Rp 1.299.000 inilah fitur-fitur yang diusung dari smartwatch yang satu ini.

Untuk layarnya mempunyai ukuran 1,39 inch dengan kualitas AMOLED serta mempunyai resolusi 454×454 pixel.

Beralih dari itu, untuk masalah fitur yang diberikan, smartwatch ini sudah dibekali dengan 60 fitur olahraga, dan menariknya bisa menyimpan lagu sebanyak 15 lagu.

Selain itu juga sudah adanya fitur Kesehatan seperti memonitor detak jantung, tekanan darah & kadar oksigen dalam darah.

Dilanjutkan untuk segi baterainya sudah disematkan kapasitas baterai sebesar 320mAh yang diklaim kuat pemakaian hingga 15 hari.

 

Itulah lima smartwatch yang masuk kedalam nominasi Best Smartwatch di Selular Editor’s Choice 2022.

Dan dengan begitu, Selular Editor’s Choice 2022 kali ini untuk nominasi Best Smartwatch ditahun ini, pemenangnya jatuh kepada.

Pemenang Selular Editor’s Choice: Best Smartwatch

Huawei Watch D

“Mempunyai balutan desain layar yang super ciamik  terkesan mewah dan fashionable, serta lain itu juga di Huawei Watch D sudah menyematkan beberapa fitur dan teknologi yang unggul dari yang lain.”