Review Smartphone Nokia C21 Plus, Bisa Apa Aja?

Selular.ID – Review smartphone terbaru Nokia C21 Plus, smartphone harga sejutaan bisa apa aja ?

Kini smartphone milik Nokia, brand lama yang kini juga mulai berani melawan brand smartphone lain menghadirkan smartphone satu jutaannya, yakni Nokia C21 Plus.

Dan kini smartphone tersebut hadir dan masuk ke meja redaksi Selular untuk dicoba kemampuannya.

Hadir dengan 2 varian warna Warm Grey dan Dark Cyan memberikan kesan warna yang tidak norak.

Dan untuk kali ini smartphone Nokia C21 Plus yang masuk ke meja redaksi Selular adalah varian warna Dark Cyan.

Redaksi Selular mencoba smartphone ini selama 7 hari pemakaian, lalu apa saja keunggulan dan ketahananya ?

Namun sebelum masuk kedalam penjelasan lebih detail. Kita lihat terlebih dahulu isi kotak kemasan penjualan dari smartphone ini.

Jika melihat isi kotak dari smartphone Nokia C21 Plus ini anda akan mendapatkan :

  • 1 Unit smartphone Nokia C21 Plus
  • 1 Kabel Micro USB
  • 1 Adaptor Charger
  • 1 handsfree
  • 1 Sim ejector
  • 1 Case pelindung
  • Kartu panduan
  • Kartu Garansi

Desain Nokia C21 Plus

Seperti yang disebutkan tadi varian warna yang kami uji kali ini ialah warna Dark Cyan, Nokia C21 Plus tidak menyediakan warna hitam, tapi dengan adanya varian warna Dark Cyan terlihat gelap dan tetap elegan.

Jadi bisa dikatakan varian warna seperti ini dirasa selain terlihat elegan, karena warnanya yang tidak mencolok dan berlebihan serta cocok dipakai untuk semua kalangan umur.

Untuk segi layarnya berukuran 6,5 inch terlihat lebih besar tapi masih nyaman untuk di genggam dalam penggunaan sehari-hari.

Pada bagian sisi sisinya, tombol power dan tombol volume sama-sama pada bagian sisi sebelah kanan.

Tetapi sedikit agak aneh pada penekanan di tombol power, karena pada saat anda menggunakan smartphone ini dengan case pelindung, tombol power akan terasa kurang terasa.

Tapi jika tidak memakai case pelindung, tombol power akan terasa jika menekannya.

Dibagian bodi terdapat juga slot audio jack yang terdapat diatas, yang bisa anda gunakan untuk menyambungkan kabel headphone.

Jadi untuk anda yang suka menonton video streaming ataupun memainkan game agar lebih terdengar jelas suara gamenya juga bisa dirasakan.

Tapi pada saat pemakaian kabel handsfree nya, apabila sudah dipakai di telinga agak sedikit tidak merekat, tetapi anda tidak perlu khawatir karena smartphone ini bisa digunakan handsfree ataupun headphone lain asal dengan type kabel jack.

Dan pada bagian bawahnya ada lobang untuk menerima panggilan telepon, lalu ada juga port untuk menancapkan kabel micro USB.

Sangat disayangkan memang, smartphone Nokia C21 Plus ini masih menggunakan kabel micro USB, yang dimana pada saat ini sudah saatnya kabel charge yang menggunakan kabel USB type-C.

Untuk lobang speakernya, Nokia C21 Plus memberikan audio speaker di satu sisi, bagian atas saja.

Kualitas kamera belakang dan Depan

Beralih ke bagian kamera, Nokia C21 Plus telah dibekali kamera yang dirasa cukup tertinggal dari kompetitor dikelasnya.

Untuk kualitas kameranya Nokia C21 Plus ini hanya dibekali 50MP untuk kamera utama belakang dan 5MP untuk lensa kamera depannya.

Dan ya pada saat pemakaian uji coba, bagi redaksi Selular untuk kamera dari smartphone ini kurang mendapatkan hasil foto yang maksimal.

Berikut adalah hasil foto dari kamera Nokia C21 Plus yang secara ekslusif redaksi Selular tangkap.

Chipset

Lalu beralih kesegi chipsetnya yang mana menggunakan chipset yang benar-benar untuk kelas entry level yakni Unisoc SC9863A.

Lalu apa saja yang bisa dilakukan dari pembekalan chipset Unisoc ini?

Untuk menonton video sudah support menonton dengan kualitas 1080p. bisa dikatakan juga itu sudah cukup mumpuni dalam menonton video.

Tapi jangan berharap banyak jika anda menggunakan smartphone ini dalam bermain game, pada saat uji coba redaksi Selular mencoba bermain game Mobile Legends dan PUBG Mobile.

Karena untuk settingan grafik dalam bermain game, smartphone ini bagi redaksi Selular tidak cukup mumpuni, dan tidak didalam performa terbaik.

Karena untuk bermain pada kedua game tersebut, meskipun dengan kualitas grafik paling rendah, untuk masuk ke in-game masih sangat lambat.

Dan dari pembekalan chipset tersebut diimbangi juga dengan beberapa varian memori yang diberikan yakni RAM 2GB dan 3GB, dan untuk ROM 32GB dan 64GB tapi bisa ditambah mencapai 256GB.

Untuk performanya jika melihat hasil benchmark sebagai berikut

Jika melihat hasil tersebut bisa dikatakan untuk bermain game, serta streaming sudah sangat mumpuni.

Kapasitas Baterai

Ini salah satu faktor yang dirasa redaksi Selular pada smartphone ini kurang, yaitu Nokia C21 Plus hanya dibekali kapasitas baterai 4.000mAh dan hanya 10W untuk masalah kecepatan pengisian dayanya.

Dan pada saat uji coba smartphone ini cukup tahan jika dipakai harian tapi tetap saja jika dipakai dalam bermain game baterai akan terasa lebih cepat dan akan terasa panas.

Karena hanya dibekali 10W untuk pengisian dayanya. Pada saat pengisian daya yang dilakukan dari 2% untuk mencapai 100% butuh waktu lebih dari 2 jam.

Dan perlu diingat juga 2 jam itu adalah real di charge tanpa sembari dimainkan, jadi apabila sambil dimainkan smartphone ini bisa jadi pengisian dayanya lebih dari itu.

Kesimpulan

Smartphone Nokia C21 Plus ini dirasa sudah cukup mumpuni, tapi untuk anda sebagai user baru atau untuk anda yang hanya ingin mencari smartphone untuk penunjang sekolah atau juga menjadi smartphone kedua.

Untuk yang gemar fotography juga smartphone ini disimpulkan kurang kece hasil fotonya. Mungkin untuk foto disiang hari masih jernih hasil tangkapannya, namun untuk malam hari atau minim cahaya hasil fotonya sangat kurang bagus.

Dan jikalau untuk bermain game, smartphone ini sebenarnya sudah mendukung untuk itu, tapi sekali lagi perlu diingat smartphone ini tidak bisa dengan pengaturan grafik rata kanan, jadi anda harus mainkan dengan grafik yang rendah.

Baca juga : Nokia Pede Tembus Top 5 Brand Smartphone