Nielsen: Layanan Streaming Tidak Mengalami Peningkatan Signifikan Pasca ASO

Layanan streaming.
Layanan streaming.

Selular.ID – Nielsen Indonesia menyebut pelaksanaan Analog Switch Off (ASO) tidak mempengaruhi peningkatan layanan streaming.

Hal tersebut oleh Executive Director Nielsen Indonesia, Hellen Katherina ungkapkan di kantornya hari Kamis (8/12/2022).

Sebelumnya, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah menggelar ASO sejak awal Bulan November lalu.

Pertama-tama, wilayah Jabodetabek yang menggelar ASO tanggal 4 November 2022.

Kemudian kota-kota lainnya di sejumlah wilayah di Indonesia mengikuti pada bulan Desember 2022 ini.

TONTON JUGA:

Hellen mengatakan setelah pelaksanaan ASO, penjualan STB mengalami peningkatan di 11 kota besar yang Nielsen survei.

“Masyarakat lebih menunggu televisi analognya mati terlebih dahulu kemudian baru membeli STB,” ujar Hellen.

“Mereka tidak mempersiapkannya dari jauh-jauh hari,” sambungnya.

Baca juga: Nielsen: GoFood Dominasi Layanan Pesan Makanan

Hellen juga menjelaskan adanya pelaksanaan ASO ini tidak membuat pelanggan layanan streaming meningkat.

Menurut penelitian Nielsen, para pelanggan layanan streaming berasal dari kalangan menengah ke atas.

“Jadi mereka tidak terpengaruh ASO karena sudah dari dahulu menggunakan digital dan jadi pelanggan layanan streaming,” ungkapnya.

Dia juga menambahkan peningkatan ada tetapi tidak signifikan dan cenderung karena adanya event tertentu seperti Piala Dunia.

Pelaksanaan ASO

Baca juga: Nielsen Prediksi Brasil dan Argentina Melaju ke Final Piala Dunia 2022, Simak Cara Simulasinya