Membedakan Hytera PNC380 Dengan Handy Talkie Pada Umumnya

Hytera PNC380

Selular.ID – Membedakan perangkat Hytera PNC380 yang menggunakan Push to Talk over Cellular (PoC) dengan Handy Talkie pada umumnya.

Menarik untuk mengulik dari perangkat yang bisa menemani para pengguna dalam memberikan komunikasi vital disejumlah industry dan bisnis atau event-event baik indoor maupun outdoor.

Mungkin anda lebih familiar dengan penggunaan HT atau Handy Talkie disetiap event atau acara apapun, tapi taukah anda jika Handy Talkie itu sudah sangat ketinggalan jaman.

Solusi pengganti itu ada di perangkat Hytera PNC380. Bentuknya memang hampir sama tapi fitur dan teknologi yang disematkan pada perangkat tersebut lebih canggih dari pada Handy Talkie pada umumnya.

Hytera PNC380 ini menggunakan teknologi Push to Talk over Cellular atau agar lebih akrab menyebutnya dengan kata PoC.

Baca juga : Inilah Alat Komunikasi Pada Turnamen Golf Dunia Indonesian Masters 2022

Berbeda dengan jaringan Handy Talkie pada umumnya yang masih menggunakan frekuensi radio, jadul sekali bukan ? apalagi ditambah saat ini pemerintah saja sudah sangat membatasi penggunaan dari frekuensi radio itu sendiri.

Jadi bisa dikatakan perbedaan dari PoC dengan radio ialah dari sisi jaringanya, hal ini disampaikan oleh perwakilan dari Hytera kalau radio Handy Talkie pada umumnya masih menggunakan frekuensi radio sedangkan teknologi PoC sudah menggunakan jaringan GSM.

Selain itu untuk penggunaan frekuensi radio juga sangat terbatas jaraknya, yakni hanya mencapai 2KM point to point dengan ripiter 20KM.

Tapi dengan PoC yang sudah menggunakan jaringan GSM tidak ada batasan, maupun beda kota, beda pulau, dan beda negara sekali pun masih bisa berkomunikasi.

Karena menggunakan jaringan GSM yang membuatnya taka da batasan jarak untuk terhubung, pengguna juga bisa mengkoneksikan perangkat Hytera PNC380 ini kepada Wi-Fi.

“Jadi untuk jaraknya yang tidak ada batasan, pengguna yang menggunakan perangkat Hytera PNC380, agar selalu terhubung dengan satu dan lainnya harus tetap terkoneksi jaringan GSM ataupun terkoneksi jaringan Wi-Fi.” Kata salah satu perwakilan Hytera.

Bisa dikatakan pula, untuk keperluan event outdoor dengan jangkauan yang luas itu sangat cocok apalagi yang hanya dalam lingkup indoor, jadi hanya terkoneksi Wi-Fi bisa terhubung dengan yang lain.

Dan Hytera ini menjadi sponsor untuk ajang turnamen golf dunia Indonesian Masters 2022 di Jakarta dipercaya menjadi penyedia alat komunikasi diturnamen tersebut untuk menghubungkan petugas yang satu dengan yang lain.

Perwakilan dari Hytera tersebut juga membeberkan alasan dipilihnya perangkat Hytera ini untuk ajang yang besar dunia seperti ini, menyatakan “karena di kondisi sekarang ini untuk pemegang HT pada umumnya bakal kesulitan untuk masalah perijinannya ke Kominfo, karena frekuensi sekarang yang sudah sulit dan mulai dibatasi, serta juga memakan waktu yang lama menunggu proses izin tersebut.”

“Dengan PoC memberikan solusi yang tidak perlu izin sama sekali karena kembali lagi ini perangkat tidak menggunakan frekuensi radio melainkan menggunakan jaringan GSM.” Tutupnya.

Baca juga : Ini Dia Tujuan Fitur Walkie Talkie Microsoft Teams di Smartphone