Kaspersky Beri Tips ke Penggunanya Supaya Terhindar dari Ancaman File Berbahaya

Kaspersky beri tips terhindar dari file berbahaya.
Kaspersky beri tips terhindar dari file berbahaya.

Selular.ID – Kaspersky merekomendasikan beberapa hal yang perlu dilakukan pengguna agar terhindar dari ancaman ransomware.

Berdasar dari penemuan yang menyebutkan bahwa ada sebanyak 400.00 file yang berbahaya datang setiap hari, dan data ini meningkat dari tahun lalu sebesar 5%.

Dan selain itu juga untuk tahun 2022 ini saja Kaspersky menemukan hampir 320.000 file berbahaya menyerang dari perangkat yang beroperasi sistem windows.

Namun tidak sampai disitu juga, ditahun ini juga Kaspersky menidentifikasi peningkatan sebesar 10% dalam pangsa file berbahaya yang menargetkan platform android di setiap hari.

Baca juga : Tips Kaspersky Agar Tidak Jadi Korban Kejahatan Siber Saat Streaming

Jadi smartphone-smartphone yang anda sedang pakai sekarang kemungkinan besar serangan file berbahaya itu bisa datang kapan saja.

Maka dari itu Kaspersky merekomendarikan beberapa hal yang harus pengguna lakukan agar setidaknya perangkat yang digunakan terhindar dari file berbahaya.

  • Jangan mengunduh dan menginstall aplikasi dari sumber yang tidak terpercaya
  • Jangan mengklik tautan apapun dari sumber yang tidak dikenal atau iklan daring yang mencurigakan
  • Membuat kata sandi yang kuat, dengan mengkombinasikan angka, huruf besar kecil, ataupun pakai tanda baca, serta autentikasi dua faktor.
  • Selalu install pembaharuan. Karena dari pembaharuan tersebut biasanya ada perbaikan dari masalah keamanan.
  • Abaikan pesan yang meminta untuk menonaktifkan sistem keamanan untuk perangkat lunak kantor atau solusi keamanan siber.

Selain itu juga bukan hanya kepada pengguna personal tapi juga Kaspersky merekomendasikan kepada organisasi untuk:

  • Selalu perbaharui perangkat lunak pada semua perangkat yang digunakan untuk mencegah penyerangan menyusup ke jaringan anda dengan mengekploitasi kerentanan.
  • Menetapkan praktik penggunaan kata sandi yang kuat untuk mengakses layanan perusahaan. Gunakan autentikasi multi faktor untuk akses ke layanan jarak jauh.
  • Pilih solusi keamanan titik akhir yang telah terbukti, kalau di Kaspersky ada namanya Kaspersky Endpoint Security for Business, yan telah dilengkapi banyak keamanan.
  • Gunakan perangkat khusus untuk perlindungan titik akhir yang efektif, dilengkapi dengan menghindari secara tepat waktu.
  • Gunakan informasi intelijen ancaman terbaru untuk tetap mengetahuiTTP sebenarnya yang digunakan oleh pelaku ancaman siber.

Baca juga : Kaspersky: Penjahat Siber Gali Informasi Sistem Perusahaan dari Dark Web