Dalam 20 Tahun, Rata-rata Return IHSG Tertinggi di ASEAN

Cara Kerja Investasi Forex Syariah
Foto: Antara

Selular.ID – Kabar gembira dari pasar saham Republik Indonesia, yang mana pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG melesat tinggi dalam kurun waktu 20 tahun.

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) telah mencetak kapitalisasi pasar sebesar US$603 miliar per tanggan 29 November 2022.

Dan ini mentatat pasar saham di Indonesia menjadi yang tertinggi dibandingkan dengan indeks saham dari negara ASEAN yang lain.

Baca juga : Ingin Memulai Trading? Kenali Jenis Trading Biar Gak Salah Pilih

Jika melihat gambar diatas pasar saham di Indonesia mendapatkan rata-rata return dalam 20 tahun terakhit ini sebesar 18%. Thailand satu tingkat dibawah Indonesia hanya 13%, serta Filipina dan Vietnam sama-sama diangka 12%.

Negara maju seperti Singapura saja hanya mendapatkan 6%, atau menurut data kapitalisasi pasar saham Strait Times Index (Singapura) hanya mendapatkan US%588 miliar per tanggal 29 November 2022.

Atau anda bisa melihat gambar grafik dibawah ini.

Prestasi lainnya juga ditorehkan oleh IHSG adalah dari segi performa year to date (YTD) berdasarkan data statistic BEI.

Hanya ada dua indeks saham yang berada di zona hijau per 29 November 2022 jika diukur sejak awal 2022 (YTD).

Rinciannya, IHSG naik 6,53% dan negara Singapura naik juga 4,95%. Sementara sisanya kompak tertekan, seperti VN Index milik Vietnam yang terkoreksi -30,03%YTD.

Terbukti juga, bahwa rata-rata return IHSG tumbuh paling tinggi di Kawasan ASEAN dalam 20 tahun terakhir. hal ini dengan asumsi bahwa dividen kembali di investasikan.

Ketika IHSG menguat, berarti return Reksa Dana Saham (RDS) juga berpotensi lebih optimal karena 80% aset ditempatkan di pasar saham.

Baca juga : Saham ARB Berjilid-Jilid, GOTO Gelar Public Expose Insidentil Hari Ini