Selasa, 18 Juni 2024
Selular.ID -

Berikut Pengertian E-Money Serta Kelebihan Dan Kekurangannya

BACA JUGA

Selular.ID – Berikut pengertian E-Money serta kelebihan dan kekurangan yang sudah kamu rasakan saat memakai uang elektronik ini, yuk simak ulasannya.

Beberapa tahun belakangan ini, uang elektronik atau yang kita kenal e-money merupakan salah satu benda yang wajib jika kamu melakukan berpergian kemananpun.

E-money hadir di masyarakat sebagai pengganti uang tunai yang dinilai lebih canggih dan modern dan juga pasti lebih ringkas karna tidak perlu membawa uang tunai banyak-banyak kemanapun.

Kemudahan dan juga bentuk yang tidak menghabiskan banyak tempat, tidak sedikit orang yang sudah beralih menggunakan uang elektronik ini.

Berikut Selular.ID sudah rangkum buat kamu pengertian, kelebihan, serta kekurangan yang harus kamu ketahui.

Baca juga: Jangan Sampai Tertukar, Bedanya E-Money dan E-Wallet

Pengertian E-Money dan fungsinya

E-Money merupakan uang yang disimpan dalam sistem perbankan dan digunakan untuk kegiatan transaksi elektronik.

E-Money juga dilengkapi dengan kartu chip yang tertanam di dalamnya untuk kegiatan transaksi dan juga dikeluarkan oleh lembaga institusi perbankan.

Di Indonesia sendiri terdapat beragam jenis bank yang saat ini sudah menerbitkan sistem e money, yakni, Bank BCA dengan Flazz, Bank Mandiri dengan E Money, BNI dengan TapCash, BRI dengan Brizzi dan lain sebagainya.

Pasalnya, nilai uang yang di dalamnya sama dengan uang tunai yang biasa digunakan untuk aktivittas transaksi, namun uang e money tidak bisa lagi di uangkan.

Hal ini terjadi sesuai dengan tujuan dari diterbitkannya kartu ini, yaitu untuk kepentingan transaksi elektronik saja.

Perbedaan e money dan e wallet cukup berbeda yakni e money dibuat dengan dasar chip dan hanya bisa digunakan pada mesin pembaca, maka e wallet dibuat dengan dasar server internet.

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU