Mengenal Perbedaan Bank Konvesional Dan Bank Syariah

Beragam Manfaat Dan Keuntungan Melakukan Pinjaman Syariah
Beragam Manfaat Dan Keuntungan Melakukan Pinjaman Syariah

Selular.ID – Mengenal Bank Konvesional dan Bank Syariah, kedua bank tersebut merupakan dua jenis bank yang berbeda, yuk simak ulasanya.

Bank juga menjadi salah satu badan usaha yang penting bagi masyarakat dalam bidang keuangan.

Sebagai penyedia layanan keuangan, bank juga menyediakan tempat yang aman untuk menyimpan uang dan juga kamu bisa bertransaksi.

Bank merupakan lembaga keuangan yang akrab dengan keseharian masyarakat. Sistem perbankan di Indonesia terdapat dua macam sistem operasional perbankan, yakni bank konvesional dan bank syariah.

Menurut Otoritas Jasa Keuangan atau OJK, bank konvesional merupakan bank yang menjalankan kegiatan usahanya secara konvesional. Sedangkan bank syariah adalah bank yang menjalankan kegiatan usahanya berdasarkan prinsip syariah.

Banyak masyarakat menganggap kedua bank ini tidak berbeda, padahal terdapat perbedaan bank konvesional dan bank syariah, dilihat dari nama dan definisinya pun berbeda.

Dilansir dari cimbniaga.co.id, Perbankan syariah merupakan bank yang menjalankan kegiatas usaha berdasarkan prinsip syariah, atau prinsip hukum islam yang diatur dalam fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI). Setiap aktivitas yang dilakukan pada bank syariah, baik penghimpunan dana maupun dalam rangka penyaluran dana memberikan dan mengenakan imbalan atas dasar prinsip syariah, yakni jual beli dan bagi hasil.

Bank konvesional merupakan bank yang menjalankan kegiatannya secara konvesional, mengacu pada kesepakatan nasional maupun internasional, serta berlandaskan hukum formil negara.

Tujuan dan Fungsi Bank Syariah

Dikutip dari laman resmi ojk.go.id dijelaskan, bank syariah dalam melakukan kegiatan usahanya berasaskan pada prinsip syariah, demokrasi ekonomi, dan prinsip kehati-hatian. Tujuan bank syariah yakni untuk menunjang pelaksanaan pembangunan nasional dalam rangka meningkatkan keadilan, kebersamaan, dan pemerataan kesejahteraan rakyat.

Berikut Selular.ID sudah rangkum buat kamu yang dilansir dari money.kompas.com fungsi bank syariag serta perbedaan bank syariah dan bank konvesional.

Baca juga: Tujuh Bank Digital Terbaik Di Indonesia, Kamu Pakai Yang Mana?