Kominfo Kembali Gelar Acara Smart City, Peserta Lebih Banyak dari Tahun Lalu

Kominfo buka lowongan kerja.
Kominfo buka lowongan kerja.

Selular.ID – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) kembali menyelenggarakan acara tahunan yakni Forum SPBE dan Forum Smart City Indonesia.

Acara ini di laksanakan selama 2 hari yakni dimulai di hari ini Rabu 30 November 2022 hingga besok Kamis 1 Desember 2022.

Di Forum SPBE kementerian Kominfo mengkonsolidasi seluruh program kerja di daerah dalam pembangunan E-Goverment di Indonesia serta melakukan harmonisasi kegiatan dan melakukan singkronisasi kegiatan bersama-sama.

Untuk peserta hari ini dihadiri tamu dari lingkungan Sekda seluruh Indonesia dan kepala dinas Kominfo.

Untuk besok acara Forum Smart City Akan dihadiri langsung oleh kepala Menteri Komunikasi Dan Informatika, Johnny G Plate.

Kemudian undangan lain juga sudah ditujukan kepada Gubernur, Bupati, Dan Walikota yang mengikuti program smart city di Indonesia.

Baca juga : Alasan Kominfo Pilih Cisco Pimpin KTT G20 Tahun 2022 Secara Hybrid di Bali

Di acara puncak besok Kominfo Akan memberikan penghargaan kepada seluruh peserta Kota, yang sudah memberikan inisiatif-inisiatif smart city.

Ada 6 kategori yang akan dihelat untuk penghargaan besok, dan hal ini disampaikan oleh Bambang Dwi Anggono selaku Direktur LAIP.

“Kategorinya ada 6 dimensi” Kata Bambang. namun Bambang hanya menyebutkan 3 dimensi diantaranya smart invorenment, smart living, smart economi, dan masih ada lagi.

Untuk peserta yang mengikuti program smart city ini sudah diikuti kurang lebih dari 200 Kota pastinya berada diseluruh wilayah Indonesia, dan setiap Kota tersebut ada perwakilan dari setiap provinsi.

Didalam program smart city tersebut Kominfo mendorong harmonisasi perencanaan di daerah supaya mereka mempunyai fokus pembangunan untuk masyarakat luas.

Fokus ini yang didasari Kementerian Kominfo bersama kementerian lembaga terkait, seperti Kementerian PUPR, Kementerian Dalam Negeri, BAPERNAS, Kementerian Keuangan, Kemenpan, agar unggulan yang sudah diberikan ini semakin optimal pada saat di konsumsi di masyarakat.

Bambang juga menambahkan “Inisiatif yang diberikan setiap daerah tersebut juga sangat beragam di program Smart City ini seperti Inisiatif di sektor pendidikan, kemudian di penanganan lingkungan, kemudian pengelolaan energi untuk masyarakat, adanya peningkatan di kesejahteraan, pemberdayaan pemuda, pemberdayaan anak, banyak Inisiatif yang keluar dari Pemerintah Daerah.”

Tahapan selanjutnya, untuk Kominfo itu dapat menampung dan merefleksikan ide – ide bagus yang sudah tertuang tersebut agar bisa dirasakan juga dari daerah 1 ke daerah yang lainnya di Indonesia.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, acara ini ditahun lalu sudah pernah dilaksanakan, dan yang membedakan ialah jumlah peserta meningkat dari tahun sebelumnya.

Tidak ketinggalan juga Presiden RI Joko Widodo dan Menteri Kominfo Johnny G Plate juga mendorong agar seluruh Pemda bisa ikut tergabung dalam program Smart City ini.

Bambang membeberkan kembali serta memberikan penjelasan alasan belum semua Pemda ikut tergabung, “Alasannya karenanya masih segi keterbatasan anggaran dan juga luasnya wilayah Indonesia.”

Dan Presiden dan Kementerian Kominfo juga menjanjikan untuk urusan ini akan dilakukan secara bertahap.

Baca juga : Cari Investor, Telkom Pamerkan Solusi Smart City IKN di Inggris