Huawei Bantu Pulihkan Jaringan Telekomunikasi Gempa Cianjur

Huawei Bantu Pulihkan Jaringan Telekomunikasi Gempa Cianjur
Huawei Bantu Pulihkan Jaringan Telekomunikasi Gempa Cianjur

Selular.ID – Tim logistik dari Huawei Indonesia membantu pemulihan jaringan telekomunikasi yang terputus pasca gempa yang menimpa masyarakat di Cianjur di Jawa Barat.

Jacky Chen, CEO Huawei Indonesia menjelaskan pascagempa, ratusan situs jaringan telekomunikasi di lokasi yang terkena dampak padam dan terputus. Tim Huawei di lapangan bergegas menuju pusat bencana untuk memulihkan jaringan.

“Sebagian besar jaringan telah pulih hingga 90% dan, dalam waktu 2 hari telah mencapai 98%. Pada hari keempat, 100% jaringan telah pulih sepenuhnya setelah akses ke 4 lokasi yang terletak di daerah terpencil berhasil dijangkau,” ujar Jacky.

Jacky menambahkan bahwa Huawei juga mengalokasikan donasi dalam jumlah yang cukup besar dan meluncurkan apa yang disebut program penggalangan dana internal ‘We Do Nation’ untuk memobilisasi 2,000 karyawan Huawei untuk mengambil bagian dalam upaya bantuan untuk mempercepat pemulihan bagi para korban yang terkena bencana.

Baca Juga:Investasi Rp4,7 Triliun, Huawei Cloud Region Indonesia Diluncurkan

Sementara itu, Emilza Yuswar, General Manager, Huawei Indonesia West Java Region, mengatakan hanya beberapa jam setelah bencana melanda wilayah tersebut, Huawei segera merespons untuk memulihkan jaringan dengan mengirimkan tim pemeliharaan yang terdiri dari personel pendukung di lokasi, tim subkontrak, kendaraan, dan peralatan dan perlengkapan untuk perawatan.

Tim pemeliharaan melakukan perawatan terhadap 41 generator diesel dan 18 generator di lokasi dan memulihkan 219 lokasi nirkabel, dan 5 kabel optik.

Secara paralel, tim menyerahkan bantuan kemanusiaan gelombang pertama berupa paket sembako, selimut, tempat tidur, dan pakaian.

“Dalam beberapa hari mendatang, Huawei akan terus mendukung operator lokal untuk memelihara infrastruktur telekomunikasi yang kuat, memastikan pekerjaan bantuan bencana dilakukan dengan lancar dan memberikan bantuan kepada masyarakat yang terkena dampak,” ujar Emilza.

Selama lebih dari 22 tahun, Huawei Indonesia telah mengatasi berbagai medan berat dan segala tantangan untuk memastikan jaringan telekomunikasi tetap terjaga dan masyarakat menikmati konektivitas berkualitas.

Baca Juga:Perkuat Ekosistem Digital Indonesia, Huawei Gandeng ITB, Universitas Telkom, dan Kominfo

Sebagai penyedia ICT global terkemuka, Huawei telah membangun lebih dari 110 ribu base transceiver station untuk menyediakan infrastruktur komunikasi bagi lebih dari 270 juta orang Indonesia.