Selasa, 16 April 2024

Chat WhatsApp Ini Jika Kamu Belum Dapat STB Gratis!

BACA JUGA

Selular.ID – Chat WhatsApp ini jika kamu belum mendapatkan Set Top Box gratis dari pemerintah, dan kamu juga bisa menanyakan informasi ASO.

seperti yang masyarakat tau bahwa pemerintah Indonesia melakukan program analog switch off (ASO) atau migrasi siaran TV analog ke TV digital secara bertahap pada 2 November 2024.

Sejumlah wilayah yang menjadi pemula untuk bermigrasi dari TV analog ke TV digital harini yaitu Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang dan bekasi (Jabodetabek).

Pelaksanaan penghentian TV analog dan digantikan TV digital ini amanat Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja Peraturan Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2021 tentang Pos, Telekomunikasi dan Penyiaran (Postelsiar).

Baca juga: TV Analog Dimatikan, Berikut STB Tersertifikasi Kominfo

Untuk kelancaran ASO, Pemerintah menyalurkan Set Top Box (STB) secara gratis kepada rumah tangga miskin yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementrian Sosial.

Bagi masyarakat yang termasuk kategori rumah tangga miskin ekstrem berhak mendapatkan bantuan Set Top Box gratis.

Kementrian komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah menyediakan posko atau layanan untuk masyarakat yang belum mendapatkan Set Tob Box (STB) gratis.

Dilansir dari Kompas.com “Apabila nanti ternyata ada televisi masyarakat yang belum bisa menerima siaran digital oleh karena belum tersedia set-top-box bagi keluarga miskin, maka Kementrian Kominfo akan melayani sedapat mungkin. “kata Menteri Komunikasi dan Informatika (menkominfo), Johnny G Plate dalam sebuah konferensi pers yang berlangsung, kamis (27/10/2022) lalu.

Baca juga:Siaran TV Analog Berakhir Hari Ini, Tak Bisa Nonton TV Jika Belum Ada STB

Posko pengaduan yang dimaksud itu berbentuk online, dimana masyarakat dapat menghubungi melalui nomor ataupun WhatsApp.

  • Nomor Telepon: 159
  • Nomor Chatbot WhatsApp: 08118202208

Masyarakat juga bisa mengakses laman website https://siarandigital.kominfo.go.id/.

Kontak layanan tersebut juga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mengetahui informasi lebih banyak terkait peralihan siaran TV analog ke TV digital.

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU