Siaran TV Analog Berakhir Hari Ini, Tak Bisa Nonton TV Jika Belum Ada STB

Konferensi Pers KEMENKOMINFO mengenai Analog Switch Off tahap 1

Selular.ID – Pemerintah Kementerian Komunikasi dan Informasi akan hentikan siaran di saluran TV analog terakhir pada hari Sabtu (30/4/2022) pukul 24.00 WIB.

Dalam persiapan pemberhentian siaran analog ini guna mengedukasi masyarakat untuk beralih dari siaran TV analog ke siaran TV digital.

Pemberhentian siaran TV analog ini sudah terkait pada implementasi UUD No.11 Tahun 2020 tentang cipta kerja sektor Pos, Telekomunikasi dan Penyiaran.

Kemudian kembali tertuang secara teknis di dalam peraturan pemerintah No. 46 Tahun 2021.

TONTON JUGA:

Pada saat konferensi pers di Markas TNI Angkatan Darat hari Jumat (29/04/2022), Menteri Komunikasi dan Informasi Johnny G Plate menekankan dua hal penting.

Yaitu kesiapan pembangunan infrastruktur multipleks dan menjelaskan tiga wilayah yang mulai pemberlakuan pemberhentian layanan siaran TV analog.

Dalam pembangunan infrastruktur multipleks yang berada di 56 wilayah 166 Kabupaten/Kota terdampak tahap pertama telah selesai dan siap masyarakat gunakan.

Ia menambahkan untuk penghentian tahap dua dan tiga masih perlu 32 Infrastruktur Multipleks yang bakal Kemenkominfo dan TVRI lakukan.

TVRI akan menyelesaikan infrastruktur mux sebanyak 17 infrastruktur dan Kominfo menyelesaikan 15 infrastruktur.

Apabila 32 infrastruktur tersebut telah siap, untuk Analog Switch Off (ASO) tahap dua dan tiga siap pada siaran digital penuh tanggal 2 November tahun 2022.

Lalu pemberhentian siaran TV analog ini berlangsung secara bertahap dan tidak serentak dalam 56 wilayah 166 Kabupaten/ Kota yang ada di tahap pertama.

Nantinya akan mulai dari tiga wilayah dan 8 Kabupaten/Kota.

“Penghentian siaran TV analog tahap satu mulai dari 3 wilayah siaran yang berada di 3 provinsi dan di 8 kabupaten/kota,” Kata Johnny.

“Yaitu tepatnya di Provinsi Riau, Kota Dumai, Kabupaten Bengkalis dan Kabupaten Meranti,”

“Selanjutnya di wilayah siaran Nusa Tenggara Timur yaitu Kabupaten Timor Tengah Utara, Kabupaten Belu dan Kabupaten Malaka,”

“Dan wilayah 3 siaran Provinsi Papua Barat, Kota Sorong dan Kabupaten Sorong,” sambungnya.

STB gratis

Baca juga : Daftar Wilayah yang Tidak Bisa Saksikan Siaran TV Pakai Antena Biasa Akhir Bulan Ini