Rishi Sunak PM Inggris, Perusahaan Teknologi Infosys Jadi Buah Bibir, Kok Bisa?

Rishi Sunak
Rishi Sunak

Selular.ID – Politisi keturunan India, Rishi Sunak mulai berkantor di Downing Street, London, untuk pertama kalinya sebagai perdana menteri Inggris sesudah ditunjuk oleh Raja Charles III pada Selasa (25/10/2022).

Sehari sebelumnya, mantan menteri keuangan itu terpilih sebagai ketua Partai Konservatif yang berkuasa, menggantikan Liz Truss yang mundur setelah hanya menjabat selama 45 hari.

Dalam pidato perdana, Sunak membeberkan arah kebijakannya untuk mengatasi krisis ekonomi yang dalam. Dia menyebutkan bahwa pendahulunya, Liz Truss, membuat kesalahan dan dia berjanji untuk memperbaikinya.

“Dia tidak keliru berkeinginan meningkatkan pertumbuhan di negara ini dan saya mengagumi tekadnya untuk membawa angin segar tetapi terjadi kesalahan dan saya telah dipilih sebagai pemimpin partai saya dan perdana menteri Anda, antara lain untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan itu dan prosesnya dimulai seketika,” kata PM Sunak di depan kantor perdana menteri.

“Saya akan menempatkan stabilitas ekonomi dan keyakinan sebagai prioritas agenda pemerintah. Ini berarti akan ada keputusan-keputusan sulit,” tambahnya, seperti dilansir BBC Indonesia (26/10/2022).

Sunak, 42, tercatat sebagai orang pertama dari kalangan kulit berwarna yang menjabat sebagai perdana menteri Inggris. Penganut agama Hindu itu juga menjadi perdana menteri termuda pertama dalam kurun waktu lebih dari 200 tahun.

Naiknya Rishi Sunak jelas membawa perubahan dan peta politik di Iggris. Orang tua Sunak bermigrasi ke Inggris dari Afrika timur dan keduanya berasal dari India. Sunak menjadi perdana menteri Inggris pertama yang berlatar belakang Inggris-Asia.

Lahir di Southampton, Sunak tumbuh dengan bersekolah swasta, kemudian menempuh pendidikan tinggi di Universitas Oxford, Inggris, lalu Stanford, Amerika Serikat.

Dia menjadi anggota parlemen pada 2015 dan meski hanya sedikit orang di Westminster pernah mendengar namanya, dia menjadi menteri keuangan pada Februari 2020.

Naiknya Sunak sebagai PM Inggris pertama keturunan Asia, juga melambungkan Infosys. Sekedar diketahui, Sunak menikahi Akshata Murty, putri dari Narayana Murty, miliarder India dan salah satu pengusaha paling terkenal di negara itu, sehingga dijuluki “Bill Gates dari India.”

Pada 1981, bersama dengan beberapa temannya (Nandan Nilekani, Kris Gopalakrishnan, S.D. Shibuhal, K. Dinesh, Ashok Arora, dan N.S. Raghavan), Narayana mendirikan Infosys, sebuah perusahaan layanan teknologi informasi.

Dalam beberapa dekade kemudian Infosys, berkembang pesat sehingga mampu menjadikan Narayana sebagai salah satu orang terkaya di India.

Infosys saat ini menjadi perusahaan global layanan perangkat lunak yang terdaftar di Bursa Saham New York (NYSE) dan di Bursa Saham Bombay di Mumbai. Menurut majalah Forbes, pada April 2022, kekayaan Narayana mencapai US$ 4,4 miliar atau sekitar Rp 68,7 triliun.

Narayana Murthy sendiri merasa bangga Rishi Sunak menjadi PM Inggris. Dalam komentar pertamanya tentang pengangkatannya, ayah mertua Sunak itu mengatakan,

“Kami bangga padanya dan berharap dia sukses. Kami yakin dia akan melakukan yang terbaik untuk rakyat Inggris,” katanya melalui surat elektronik kepada kantor berita PTI.

Baca Juga :Perang Tarif Internet: Jadi Siapa Pemenangnya ?