Waspada Youtube dan WhatsApp Palsu Merusak Perangkat Android

Waspada Youtube dan WhatsApp Palsu Merusak Perangkat Android
Waspada Youtube dan WhatsApp Palsu Merusak Perangkat Android

Selular.ID – Meta telah memperingatkan tentang malware baru yang berbahaya di aplikasi Youtube dan WhatsApp palsu yang dapat merusak perangkat Android.

Perusahaan dalam Laporan Ancaman Permusuhan Triwulanan terbaru 2022 mengatakan ancaman baru bernama Dracarys sedang disuntikkan ke versi palsu dari aplikasi populer seperti WhatsApp dan Youtube.

Menurut laporan tersebut, jenis malware ini mampu mencuri log panggilan, informasi kontak, file, teks SMS, geolokasi, dan detail perangkat dari perangkat Android serta mengambil foto secara diam-diam, mengaktifkan mikrofon ponsel atau tablet.

Malware ini tidak ubahnya jadi mata-mata di ponsel tanpa disadari penggunanya. Lebih lanjut Meta mengatakan Dracarys, disebarkan oleh kelompok peretasan Bitter APT yang telah melakukan serangan di Inggris, Selandia Baru, India dan Pakistan.

Bitter APT diketahui pernah membuat kerepotan militer Bangladesh karena melakukan pencurian data dan mata-mata aktivitas rahasia militer.

Baca Juga:Waspada 8 Aplikasi disusupi Malware Kuras Duit Pengguna Android

Potensi berbahaya ini yang diperingatkan oleh Meta. Perusahaan yang dipimpin oleh Mark Zuckerberg itu mengatakan malware Android baru itu dapat menyelinap melewati deteksi anti-virus mengkhawatirkan. Terutama bagi mereka yang telah mengunduh aplikasi yang sudah disusupi malware itu.