Fitur-fitur yang Membuat UMKM Terbantu Jualan di Tokopedia

Fitur-fitur yang Membuat UMKM Terbantu Jualan di Tokopedia
Fitur-fitur yang Membuat UMKM Terbantu Jualan di Tokopedia

Selular.ID – Usaha mikro kecil menengah (UMKM) memiliki peran penting bagi bisnis Tokopedia selama 13 tahun ini. Sehingga Tokopedia terus berupaya  memenuhi kebutuhan UMKM dengan fitur-fitur yang membantu UMKM berjualan.

Menurut Herman Widjaja, CTO of Tokopedia, Di sisi lain, data internal Tokopedia mencatat kini ada lebih dari 12 juta penjual di platform-nya, dan menurut Herman hampir 100% UMKM.

“UMKM lokal di Tokopedia berkontribusi pada perekonomian digital, dan sejak 2019, hingga 2022 7 juta UMKM telah tergabung di Tokopedia” jelas Herman di Jakarta, (18/08/22).

Tokopedia terus berupaya menciptakan super ecosystem ecosystem yang bisa mempermudah masyarakat memulai dan menemukan apa pun ‘13ersama Tokopedia’, demi mendorong pemulihan ekonomi nasional.

Salah satunya lewat inisiatif Hyperlocal yang menerapkan teknologi geo-tagging. Kumpulan Toko Pilihan (KTP).

Baca Juga: Dengan Teknologi Ini, Tokopedia Dekatkan Penjual dengan Pembeli

Ada pula aplikasi Mitra Tokopedia, untuk membantu pemilik warung menstok barang dagangan dan berjualan produk digital, seperti pulsa, token listrik, hingga pembayaran pajak, biaya pendidikan maupun BPJS.

Aplikasi ini untuk membantu pemilik warung menstok barang dagangan dan berjualan produk digital, seperti pulsa, token listrik, hingga pembayaran pajak, biaya pendidikan maupun BPJS.halaman kurasi produk penjual terdekat dari lokasi pembeli.

Selain itu, ada Tokopedia NOW! yang menyediakan produk harian dengan waktu maksimal dua jam pengiriman setelah pembayaran;

Dilayani Tokopedia, layanan pemenuhan pesanan (fulfillment) di mana penjual bisa menitipkan produk di ‘gudang pintar’ pada wilayah dengan permintaan tinggi; dan Digitalisasi Pasar Tradisional yang bekerja sama dengan pemerintah pusat dan daerah.

Rizky Juanita Azuz, External Communications Senior Lead Tokopedia, menyampaikan, Tokopedia mencatat berbagai temuan menarik berkat sejumlah inisiatif tersebut selama setahun ke belakang (Agustus 2021-Agustus 2022).

Salah satunya di ekosistem Mitra Tokopedia, dimana jumlah transaksi dan penjual yang bergabung masing-masing bertumbuh 1,5 kali lipat dan hampir 2 kali lipat.”

Tokopedia NOW! juga mengalami kenaikan jumlah transaksi sebanyak 2,5 kali lipat. Jumlah transaksi Dilayani Tokopedia juga meningkat lebih dari 3,5 kali lipat.

Tokopedia juga membagikan penemuan menarik lainnya sepanjang Agustus 2021-Agustus 2022:
● wilayah dengan peningkatan jumlah penjual paling tinggi: Pasangkayu, Pakpak Bharat, Banggai Kepulauan, Teluk Bintuni dan Kepulauan Anambas;

● wilayah dengan peningkatan jumlah pembeli paling tinggi: Asmat, Halmahera, Takalar, Jeneponto dan Bantaeng (rata-rata peningkatan 3,5 kali lipat);

● wilayah dengan peningkatan jumlah transaksi paling tinggi: Jayawijaya, Konawe Utara, Waropen, Paniai dan Pegunungan Bintang (rata-rata peningkatan 9 kali lipat).

Baca Juga: Dengan Teknologi Ini, Tokopedia Dekatkan Penjual dengan Pembeli

Sepanjang bulan Agustus 2022, untuk merayakan ulang tahun ke-13, Tokopedia menghadirkan Promo Ultah Tokopedia ‘Semua Serba Murah’ di berbagai kampanye, di antaranya Serbu Official Store (SOS) pada 13-24 Agustus 2022 dengan cashback hingga Rp1,3 juta dan Waktu Indonesia Belanja (WIB) dengan flash sale mulai dari Rp130.