Beranda Apps Tokopedia Luncurkan Fitur Wakaf Uang

Tokopedia Luncurkan Fitur Wakaf Uang

-

Jakarta, Selular.ID – Guna membantu akselerasi pemerataan ekonomi syariah, Tokopedia bermitra dengan sejumlah lembaga seperti Badan Wakaf Indonesia (BWI), Dompet Dhuafa, dan Rumah Zakat meluncurkan fitur ‘Wakaf Uang’ di ekosistem Tokopedia Salam.

Kehadiran fitur Wakaf Uang ini juga merupakan salah satu bentuk dukungan Tokopedia terhadap Gerakan Nasional Wakaf Uang (GNWU) yang digagas oleh pemerintah.

Melalui fitur wakaf di Tokopedia, masyarakat bisa mewakafkan uang di Tokopedia mulai dari Rp10.000 hingga Rp100 juta.

Nantinya, pengguna akan menerima informasi laporan dana wakaf uang di setiap bulan nya melalui laman fitur wakaf di Tokopedia Salam.

Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Astri Wahyuni, dalam konferensi pers virtual hari ini, Rabu (28/4/2021), mengungkap bahwa peran teknologi menjadi semakin krusial untuk mempermudah berbagai aspek kehidupan masyarakat, termasuk menjalankan ibadah.

“Kami berharap fitur ini dapat mempermudah masyarakat berbagi kebaikan, khususnya selama Ramadan, sekaligus ikut mendorong pemerataan ekonomi syariah secara digital di Indonesia,” tutur Astri.

Baca juga: Bantu Perempuan Pegiat UMKM, Tokopedia Gandeng Market Dan Museum

Dalam waktu yang bersamaan, Ketua Badan Pelaksana BWI, Prof. Dr. Ir. H. Mohammad Nuh, DEA, melontarkan bahwa  selain menjadi salah satu bentuk ibadah, wakaf uang memiliki fungsi dan peran sosial-ekonomi, terutama dalam membangun kemandirian ekonomi negara. Juga sejalan dengan arah transformasi digital yang kita galakkan.

Tokopedia melalui Tokopedia Salam bertekad bakal terus mendukung upaya pemerintah dalam mewujudkan ekosistem ekonomi syariah yang semakin maju lewat pemanfaatan teknologi.

Selain Wakaf Uang, Tokopedia juga menghadirkan sederet fitur lain di Tokopedia Salam yang dapat dimanfaatkan untuk berbagi kebaikan, seperti fitur Donasi, Zakat, Fidyah, Kotak Amal dan Qurban.

Selama Ramadan 2020 lalu, nilai transaksi Zakat Maal di Tokopedia meningkat 2x lipat dibanding Ramadan 2019. Di sisi lain, pengguna Tokopedia telah mengumpulkan hampir Rp80 miliar lewat fitur Donasi, Zakat dan Qurban sepanjang 2020.

Tersedia juga deretan produk investasi aman dan sesuai dengan syariat islam di Tokopedia, yakni diantaranya meliputi Tokopedia Emas yang jumlah nominal investasinya mulai dari Rp5.000, serta Tokopedia Reksa Dana Syariah yang jumlah nominal investasinya mulai dari Rp10.000.

Artikel Terbaru