Selama 7 Tahun Melaksanakan Pelatihan, Google Klaim Telah Melatih 2Juta Pelaku UMKM

Selular.ID – Dalam rangka memperingati hari UMKM nasional pada hari jumat besok, Google Bersama Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) meluncurkan program pelatihan untuk usaha kecil di sepuluh provinsi di Indonesia.

Google dalam menjalankan program untuk mendukung pelaku usaha kecil Sudah dimulai dari tahun 2015 dan di tahun 2022 ini pasca pandemi Covid-19 google melalui program Latihan ini diharapkan bisa memulihkan ekonomi nasional.

Program ini, diperkirakan akan berjalan hingga akhir tahun 2022, dengan memberikan pelatihan yang dilakukan secara offline serta berbagai modul pelatihan yang disusun berdasarkan program Grow With Google.

Sudah berjalan selama 7 tahun ini, Google telah melatih lebih dari 2 juta UKM dan telah menjalankan berbagai program bersama sejumlah kementerian, antara lain melatih UKM di wilayah Indonesia Timur (bersama Kemendag), UKM yang berfokus di sektor pariwisata (bersama Kemenpar), UKM yang berorientasi ekspor (bersama Kemenperin), dan Digital Entrepreneurship Academy (bersama Kemenkominfo).

Baca juga : Ada 592.000 Aplikasi Dihapus Google dan Apple Karena Bersifat Abandonware

Ditahun ini Google bersama, Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM), Deputi Bidang Kewirausahaan Siti Azizah menjelaskan “Melalui inisiatif kolaborasi bersama Google, kami berupaya untuk memberikan pendampingan kepada pelaku koperasi, UMKM, dan wirausaha melalui program #BerubahDigital di 10 provinsi di Indonesia agar menemukan lebih banyak pelanggan di dalam negeri dan bahkan hingga ke Asia Tenggara.”

Untuk 10 Provinsi yang terlibat program #BerubahDigital tersebut diantaranya, Aceh, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan.

“Kemenkop UKM berkomitmen untuk membantu lebih banyak UMKM go digital dengan memperkuat perwujudan wirausaha yang adaptif, inovatif, dan berkelanjutan. Kami berharap melalui kegiatan seperti Grow with Google, dapat mempercepat pemulihan ekonomi kita dan menjadi awal dari kolaborasi berkelanjutan,” lanjutnya Azizah.

Selain itu Google juga merilis hasil survei yang telah dilakukannya selama ini dan kali ini mengambil data dari pelatihan pada tahun 2021.

Yang mana dilakukan terhadap 1.050 peserta, yakni 55% mengikuti Gapura Digital yakni sebanyak 580, lalu 21% mengikuti Women Will dengan sebanyak 220 peserta, dan 24% mengikuti Digital Enterpreneurship Academi diikuti 250 peserta.

Dari rentang usia yang mengikuti pelatihan tersebut 82% dibawah umur 30 tahun dan 18% diatas 30 tahun. Dan untuk wilayahnya masih didominasi oleh penduduk dari pulau Jawa sebanyak 67% diikuti Sumatera 14%, Kalimantan 4%, Sulawesi 4%, Nusa Tenggara 4%, dan dari daerah lain sebanyak 7%.

Baca juga : Android 13 Beta Debut Perdana di Smartphone buatan Google

Dari data tersebut diambil lagi 707 pemilik usaha, yang 44 persen di antaranya adalah perempuan dan 42 persen lainnya adalah mahasiswa dan pelajar.

Yang mana kalangan dari mahasiswa ataupun pelajar yang paling banyak ikut tersebut, didasari memang sebelumnya mereka sudah mempunyai bisnis terlebih dahulu dan akhirnya bergabung Bersama pelatihan Google ini.

Hasilnya, dengan mengingat kembali dampak terhadap pemilik usaha yang mengikuti pelatihan Grow with Google pada tahun 2021, sangat menggembirakan:

  • Satu dari tiga UKM mulai berjualan online setelah mengikuti kursus
  • Satu dari dua UKM berhasil meningkatkan engagement pelanggan setelah menerapkan hasil pembelajaran dari pelatihan Gapura Digital & Women Will
  • Satu dari dua UKM yang dimiliki perempuan telah membuat atau memperbarui profil bisnis online mereka (jumlah ini jauh lebih banyak daripada laki-laki) dan aktif membuat konten online untuk mempromosikan bisnis mereka di internet.

Baca juga : Fitur Google Maps Baru Beri Tahu Saat Teman Tiba di Lokasi