Contek TikTok, YouTube Shorts Akan Pasang Watermark

Cara Bikin Voice Over Ala TikTok di Youtube Shorts iOS
Cara Bikin Voice Over Ala TikTok di Youtube Shorts iOS

Selular.ID – Fitur potongan video pendek pada YouTube,YouTube Shorts meluncurkan fitur watermark pada videonya. Untuk apa ?

Persaingan ketat untuk media sosial, kali ini YouTube Shorts memberikan fitur watermark pada videonya. Dengan adanya fitur ini dirasa pengguna tidak dapat mengunduh dan share video ke aplikasi media sosial kompetitor lain.

Hal ini disampaikan Manajer komunitas YouTube yang memposting tentang pembaruannya ini yang ditujukan untuk pemirsa dan pembuat video pendek tersebut.

Yang mana pada postingannya tersebut mengatakan “Jika Anda adalah kreator yang mendownload Shorts dari YouTube Studio untuk dibagikan ke seluruh platform lain, Anda sekarang akan menemukan matermark pada video konten yang Anda download.”

“Kami telah menambahkan watermark ke YouTube Shorts yang Anda unduh sehingga pemirsa Anda dapat melihat bahwa konten yang Anda bagikan di seluruh platform dapat ditemukan di YouTube Shorts.”

Baca juga : Sekarang Menonton Aplikasi YouTube di PC Tidak Usah Melalui Browser Lagi, Berikut Caranya

Saat pembuat konten menggunakan teknologi perusahaan untuk membuat video, platform tersebut ingin dikreditkan sebagai sumbernya.

Bergeser ke kompetitornya, TikTok telah berfungsi dengan cara yang sama selama bertahun-tahun, menempatkan watermark-nya yang dapat dikenali pada setiap video yang diunduh dari aplikasi.

Watermark TikTok memiliki pegangan pembuatnya, jadi jika pemirsa menemukan video yang diunduh di aplikasi lain, mereka akan secara halus diarahkan kembali ke TikTok.

Lain itu Meta kepada anak perusahaannya Instagram Reels, mencoba bersaing dengan TikTok yang telah mengambil langkah lebih jauh.

Instagram telah secara eksplisit menyatakan bahwa algoritmenya akan menekan konten yang memiliki watermark dari aplikasi lain.

Untuk pembuat konten yang serius, ini berarti mengedit video di aplikasi pihak ketiga dari perusahaan seperti Adobe, yang kemudian memungkinkan pembuat konten untuk berbagi konten yang sama di berbagai platform tanpa khawatir tentang watermark.

Untuk fitur watermark pada YouTube Shorts ini dikabarkan akan diluncurkan selama beberapa minggu ke depan di desktop, dan direncanakan juga untuk memperluas ke perangkat seluler selama beberapa bulan mendatang.

Baca juga : Fungsi Mode Picture in Picture YouTube Bagi Pengguna iOS