Update Perusahaan Yang Terdaftar PSE Kominfo, WhatsApp dan Mobile Legend Bagaimana Nasibnya ?

Selular.ID – Update terbaru daftar perusahaan yang telah terdaftar pada Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) yang dilakukan Kominfo, Mobile Legend dan WhatsApp bagaimana ?.

Berdasarkan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 5 Tahun 2020 tentang Penyelenggara Sistem Elektronik Lingkup Privat.

Dijadwalkan besok pada tanggal 20 Juli adalah hari terakhir bagi para perusahaan untuk mendaftarkan platformnya melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (KEMENKOMINFO).

Diketaui beberapa perusahaan sudah ada yang mendaftarkan namun perusahaan besar dan aplikasi yang mungkin sering masyarakat Indonesia gunakan Sebagian aplikasi belum ada yang mendaftarkan.

Baca juga : Kominfo Kemungkinan Memblokir Aplikasi MyPertamina Tanggal 20 Juli

Pasalnya apabila tidak didaftarkan hal tersebut akan mengakibatkan pemberhentian layanan dari penggunaannya di tanah air.

Lalu bagaimana dengan aplikasi yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia seperti WhatsApp, telegram, TikTok. Serta game yang populer di Indonesia seperti Mobile Legend, Free Fire, dan PUBG Mobile.

Jika melansir dari halaman resmi pse.kominfo.go.id daftar PSE yang dilakukan kementerian Komunikasi dan Informatika tersebut dibagi atas 2 kategori, PSE Domestik dan PSE Asing.

Untuk update pada hari ini, Selasa 19 Juli 2022 pada saat terakhir artikel ini ditulis, sudah ada 6107 perusahaan yang terdaftar pada PSE domestik dan 108 perusahaan yang terdaftar pada PSE asing.

Untuk aplikasi bertukar pesan seperti Telegram, Mi Chat kedua aplikasi tersebut sudah terdaftar di PSE Kominfo. Selain itu aplikasi TikTok dan TikTok Shop juga sudah mengikuti hal yang sama.

Telegram telah terdaftar dalam kategori PSE Asing dari tanggal 17 Juli 2022, untuk TikTok dan TikTok shop telah resmi tergabung pada tanggal 24 Mei 2022.

Nasib WhatsApp….