Tak Hanya iPhone, iPad Juga Tinggalkan Port Lightning

Tak Hanya iPhone, iPad Juga Tinggalkan Port Lightning
Tak Hanya iPhone, iPad Juga Tinggalkan Port Lightning

Selular.ID – Seperti diketahui Apple berencana menanggalkan port Lightning pada iPhone generasi mendatang, tak hanya iPhone, Apple dilaporkan melakukan langkah serupa pada lini table iPad. iPad juga tinggalkan Port Lightning.

iPad akan menggunakan port USB-C sebagai cara untuk mengisi daya baterai perangkat, mengingat iPad entry-level masih mengusung port Lightning. Sedangkan, iPad Mini, iPad Air, iPad Pro sudah beralih ke port USB-C.

Jadi nantinya semua seri iPad tidak lagi akan mendukung port Lightning mulai tahun ini. Apple menilai port USB-C menawarkan banyak kelebihan, salah satunya adalah kecepatan transmisi lebih cepat sehingga mengurangi potensi penyalahgunaan dan pemborosan kabel.

Apple merencanakan iPad 10 yang akan diluncurkan pada musim gugur mendatang sudah mengusung port USB-C.

Baca Juga: Bocoran Desain iPhone 14 Series Ungkap Ukuran Bodi yang Digunakan

Sebelumnya, versi terkini dari headset mixed reality Apple yang telah lama dirumorkan akan didukung system-on-chip (SoC) yang baru-baru ini diumumkan perusahaan asal Amerika Serikat tersebut, M2, dan RAM 12GB.

Seluruh iPhone yang dirilis pada bulan September 2022 mendatang dilaporkan masih akan menggunakan port khas Apple, Lightning. Informasi yang beredar menyebut transisi ke port USB-C di iPhone baru akan terjadi pada tahun 2023 mendatang.

iPad juga akan menggunakan port USB-C sebagai cara untuk mengisi daya baterai perangkat. Sebagai informasi saat ini, sebagian besar seri iPad entry-level masih didukung port Lightning.

Sementara itu, iPad Mini, iPad Air, iPad Pro disebut akan sepenuhnya beralih ke port USB-C. Menurut laporan terbaru, iPad 10 yang akan dirilis pada musim gugur mendatang dan mengusung port USB-C, artinya, seluruh seri iPad tidak lagi akan mendukung port Lightning mulai tahun ini.

Baca Juga: iPad Pro 14-inci Dengan Layar Mini-LED Meluncur Awal 2023

Sebagai informasi, iPad 10 merupakan iPad dengan banderol harga lebih terjangkau jika dibandingkan dengan seri iPad Mini, iPad Air hingga iPad Pro.