Populix: Pengguna Aplikasi Video On Demand Meningkat, Netflix Kalahkan Youtube

video on demand

Selular.ID – Populix, platform survei online mengungkap bahwa Pengguna aplikasi Video on Demand meningkat hingga 74%, dan Netflix sebagai aplikasi paling banyak digunakan.

Faktor yang menyebabkan layanan Video on Demand (VoD) bisa meningkat dikarenakan pandemi Covid-19, jadi pilihan hiburan untuk menemani masyarakat Indonesia di rumah.

Hasi temuan ini berdasarkan, survei Populix terhadap 1.000 responden untuk melihat prilaku konsumsi dan prefensi masyarakat pada layanan aplikasi ponsel, termasuk VoD.

Jonathan Benhi, Co-Founder dan CTO Populix, mengungkap bahwa hasil studi Populix menemukan 18% responden yang memiliki platform Video on Demand.

Salah satu aplikasi mobile yang bertumbuh di kalangan masyarakat Indonesia adalah platform Video on Demand (VoD). Studi kami menemukan bahwa 18% responden yang disurvei menyatakan mereka memiliki platform VoD pada ponsel mereka, dan hampir 4 dari 10 responden mengakses platform tersebut setiap harinya,” ujar Jonathan.

Baca Juga: Populix: Untuk Masuk Ke Sistem Blockchain Jangan Langsung Mau Cuan!

Ada temuan utama yang didapat oleh Populix, terhadap perilaku pengguna aplikasi yang menggunakan platform VoD.

Pola Konsumsi dan Faktor pengaruh

Sebanyak 89% responden mengatakan menggunakan platform VoD lebih dari satu kali dalam seminggu.

Dengan 38% di antaranya mengakses platform VoD setiap harinya. Karena responden cenderung memiliki lebih dari satu platform untuk memenuhi kebutuhan tontonan.

74% responden memilih platform VoD berbayar, baik akun pribadi maupun bersama, dengan mayoritas total biaya berlangganan.

Anggaran yang dikeluarkan  Rp 250.000 per bulan. Sedangkan, responden dari kelompok menengah ke atas bersedia mengeluarkan hingga Rp 750.000 setiap bulannya.

Baca Juga: Ekonomi Kreator di Indonesia Besar, Jagat.io Buat Metaverse Lebih Interaktif

Alasan responden untuk berlangganan pada platform VoD diantaranya:

  • Llayanan yang dapat ditonton setiap saat (84%).
  • Menawarkan banyak pilihan film (77%).
  • Untuk mencari hiburan (74%).
  • Menawarkan pilihan film terkini (68%).
  • Platform mudah digunakan (63%). dan tidak ingin terganggu oleh iklan (57%).

Selain itu, 47% responden mengatakan biaya langganan yang ditawarkan terjangkau dan 13% responden menyatakan memilih VoD, masih enggan untuk berkunjung ke bioskop.

Platform VoD yang Diminati….

Baca Juga: tSurvey Platform Survei Digital Telkomsel Janjikan Cepat, dan Akurat