Pentingnya Codec Audio Bluetooth Untuk TWS dan Cara Cek yang Support Android

Selular.ID – TWS atau earphone dengan koneksi Bluetooth, hadir sebagai aksesoris yang menjadi opsi dari earphone kabel, karena lebih praktis dan nyaman.

Tapi kualitas TWS  masih belum baik dari earphone kabel, seperti masih memiliki latensi dan kadang adanya bug saat menghubungkan ke smartphone.

Disitulah peran dari codec bluetooth masuk, karena koneksi tersebut punya algoritme kompleks yang menekan audio jadi paket kecil untuk transmisi nirkabel yang lebih cepat.

SBC dan AAC adalah dua codec umum yang akan ditemukan dukungannya di sebagian besar earphone Bluetooth.

Baca Juga: Inovasi Auracast Memungkinkan Berbagi Audio dengan Bluetooth

Dua hal tersebut juga disebut codec lossy karena mereka secara signifikan mengompresi data, dengan tujuan stabilitas dan kecepatan di atas kualitas audio.

Sedangkan codec berpemilik seperti aptX dan LDAC menawarkan kecepatan transmisi lebih tinggi dan latensi lebih rendah tetapi hanya tersedia pada headphone mahal.

Untuk tingkatkan kinerja codec bluetooth dalam kualitas suara, mengurangi latensi, dan meningkatkan stabilitas.

Pengguna harus selalu menggunakan codec terbaik yang ditawarkan oleh perangkatnya, salah satunya Samsung yang sudah punya konektivitas eksklusif.

Baca Juga: TWS Vivan Life 200NC Dukung Teknologi yang Mampu Redam Kebisingan

Yaitu Samsung Scalable Codec, jadi codec  yang hanya kompatibel dengan ponsel Galaxy tertentu dan earphone seri Galaxy Buds.

Untuk memeriksa daftar codec Bluetooth yang didukung  pada perangkat Android Anda, buka Pengaturan > Opsi Pengembang > Codec Audio Bluetooth.

Untuk mengetahui codec audio yang didukung perangkat Bluetooth Anda, bisa lihat kotak produk atau kunjungi situs web produsen.

Sebagian besar ponsel Android mendukung codec audio Bluetooth untuk TWS, seperti:

  • SBC
  • AAC
  • aptX
  • aptX HD
  • LDAC
  • aptX Adaptif
  • aptX TWS
  • LHDC

Untuk mengganti codec Bluetooth dari model lainnya, juga bisa berikut caranya:

Baca Juga: Xiaomi 12S Ultra Plus Leica Rilis, Diklaim Lebih Gahar dari iPhone 13 Pro