Mobile Banking dan e-Wallet Masih Menjadi Pilihan Pembayaran Utama

Mobile Banking dan e-Wallet Masih Menjadi Pilihan Pembayaran Utama
Mobile Banking dan e-Wallet Masih Menjadi Pilihan Pembayaran Utama

Selular.ID – Populix, perusahaan riset berbasis digital, meluncurkan hasil survei Consumer Preference Towards Banking and e-Wallet Apps yang mengulas preferensi masyarakat Indonesia terhadap penggunaan aplikasi mobile banking, digital banking dan e-wallet.

Sebanyak 64% responden memiliki aplikasi layanan perbankan dan finansial pada ponsel mereka, dengan 91% responden mengatakan memiliki aplikasi mobile banking, 84% memiliki e-wallet, dan 33% memiliki aplikasi digital banking.

Timothy Astandu, Co-Founder & CEO, Populix mengatakan, survey juga menunjukkan bahwa mobile banking dan e-wallet masih menjadi dua saluran pembayaran pilihan responden di semua rentang usia, sementara digital banking lebih populer di kalangan responden yang berusia dewasa.

lebih dari 80% responden yang menggunakan mobile banking, digital banking, dan e-wallet setidaknya satu kali dalam seminggu.

“Ke depannya, penggunaan aplikasi bank dan dompet digital ini juga diprediksi akan terus bertumbuh, di mana hal ini tercermin dari survei kami yang menemukan bahwa lebih dari setengah responden mengatakan mereka akan semakin sering menggunakan aplikasi perbankan dan keuangan, baik mobile banking, digital banking, maupun e-wallet,”kata Timothy.

Baca Juga: Segera Hapus! 4 Aplikasi Android Ini Curi Uang dari Mobile Banking

Beberapa alasan utama yang mendorong responden memilih aplikasi mobile banking dan digital banking yaitu kepraktisan, hemat waktu, dan kemudahan dalam penggunaan aplikasi.

Sementara untuk e-wallet, selain kepraktisan, responden menyatakan bahwa mereka menggunakannya karena layanan yang terintegrasi dengan platform e-commerce, serta menawarkan promo cashback.

Secara lebih dekat, terdapat 25% responden yang mengatakan bahwa mereka menggunakan aplikasi mobile banking rata-rata sebanyak 2-3 kali dalam seminggu.

Sementara pengguna digital banking cenderung menggunakan aplikasi tersebut lebih sering, dengan mayoritas (25%) rata-rata penggunaan setiap hari.

Melakukan top up aplikasi lain seperti e-commerce dan e-wallet, serta melakukan pembayaran di e-commerce merupakan dua tujuan utama responden menggunakan aplikasi mobile banking dan digital banking.

Di sisi lain, sebanyak 24% responden mengatakan bahwa mereka menggunakan e-wallet rata-rata sebanyak 2-3 kali dalam seminggu, dengan dua tujuan utama penggunaannya adalah melakukan pembayaran di e-commerce (85%) dan pemesanan transportasi online (71%).

Survei Populix menemukan bahwa BCA Mobile menjadi aplikasi mobile banking utama pilihan responden dengan 60% responden yang mengatakan menggunakan aplikasi tersebut saat ini.

Sementara itu, sebagian responden juga memilih BRI Mobile (26%), Livin’ by Mandiri (25%), dan BNI mobile banking (23%) sebagai aplikasi yang mereka gunakan.

Baca Juga: Indonesia Diprediksi Jadi Pemain Terbesar E-Wallet dan Paylater 2025

Di kategori digital banking, Bank Jago (46%), menduduki posisi teratas diikuti oleh Neobank (40%) and Jenius (32%).

Sementara pada kategori e-wallet, GoPay (88%), dan Dana (83%), menjadi aplikasi yang saat ini digunakan oleh mayoritas responden, disusul dengan OVO (79%), dan ShopeePay (76%).