Tutup Layanan Per Hari Ini 6 Juli, Simak Lagi Sejarah Line Today di Indonesia

Payment Info, Reminder, dan History Tersedia di Line Splitbill
Payment Info, Reminder, dan History Tersedia di Line Splitbill

Selular.ID – Line akhirnya memastikan bahwa layanan Line Today tutup per hari ini, 6 Juli 2022. Langkah drastis tersebut dilakukan sebagai bentuk strategi perusahaan yang memilih fokus pada layanan teknologi keuangan (fintech).

Meski harus mengakhiri layanan berita yang sempat digandrungi kalangan milenial itu, Line memastikan bahwa layanan lainnya akan tetap berjalan seperti biasa.

Rencana penghentian Line Today sebelumnya sudah disampaikan oleh perusahaan secara resmi pada pertengahan bulan lalu.

“Keputusan tersebut merupakan keputusan strategis kami untuk kembali fokus pada bisnis teknologi keuangan di Indonesia,” kata Country Manager Line Indonesia, Fanny Verona, dalam siaran pers, Selasa (14/6/2022).

Baca juga: Harga dan Spesifikasi Asus ROG Phone 6 dan Phone 6 Pro yang Rilis di Pasar Global

Beberapa layanan, termasuk aplikasi standalone Line Indonesia akan tetap beroperasi sama seperti sebelumnya. Misalnya aplikasi Line dan layanan komunikasi lainnya (termasuk Stickers), Line Bank, Line Webtoon, Line Game, Line Split Bill, dan Timeline (atau Line Voom).

“Empat pasar utama kami tetap Jepang, Taiwan, Thailand, dan Indonesia. Kami pun masih berkomitmen untuk pasar Indonesia dan akan terus menyediakan layanan pertukaran pesan Line sama seperti sebelumnya,” tambah Fanny.

Sejatinya, seperti Line Messenger, layanan Line Today terbilang cukup popular, terutama di kalangan muda. Kehadiran Line Today bahkan mampu menjembatani kalangan muda yang sebelumnya tidak terlalu menyukai konten berita.

Menengok ke belakang, Line Today kali pertama menyambangi publik Indonesia sebagai aplikasi sendiri di iOS dan di Android pada 27 Juni 2018.

“Line Today merupakan salah satu layanan yang populer di Indonesia. Dan kami kini menghadirkan aplikasi Line Today untuk Indonesia,” kata CEO Line Corporation Idezawa Takeshi di Line Conference 2018 di Maihama Amphitheatre, Tokyo, Jepang pada Kamis (28/6/2018).

Baca juga: Cara Pesan Tiket Online Jakarta Fair 2022, Serta Daftar Harganya

Untuk bisa mengunduh aplikasi Line Today, pengguna tidak perlu memiliki ID Line. Jadi, pengguna bisa membaca aneka berita pilihan di hari tersebut dengan mudah.

Adapun jenis berita yang bisa dibaca mulai dari berita entertainment, olahraga, hingga ilmu pengetahuan alam dan teknologi. Webtoon juga hadir di aplikasi Line Today.

Walau bisa membaca aneka artikel yang tersedia, pengguna aplikasi Line Today tidak bisa menulis komentar. Jika ingin berkomentar, mesti memiliki user ID Line terlebih dahulu.

Data terakhir menunjukkan, aplikasi pesan instan Line memiliki 178 juta pengguna aktif bulanan (monthly active users/MAU) secara global pada 2021, menurut laporan Business of Apps.

Jumlah itu naik 5,32% dibanding tahun sebelumnya (year-on-year/yoy) sekaligus menjadi rekor tertinggi sepanjang riwayatnya. Empat pasar utama Line pada 2021 adalah Indonesia, Jepang, Taiwan, dan Thailand, yang mencakup sekitar 75% dari total pengguna aktif bulanan mereka.

Meski secara global mengalami peningkatan, namun di Indonesia popularitas Line belakangan menurun. Berdasarkan survei yang dilakukan GWI pada triwulan ketiga 2020, Line hanya mampu menduduki posisi ke-7 aplikasi media sosial paling digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Peringkat pertama masih diduduki oleh Youtube. Angka pengguna YouTube mencapai 94% dengan rentang usia berada di kisaran 16 hingga 64 tahun.

Berturut-turut dibawahnya adalah Whatsapp, Instagram, Facebook, Twitter, Facebook Messenger, Line, Linkedin, TikTok, Pinterest, Telegram, WeChat, Snapchat, Skype, Tumblr, Reddit, dan Sina Weibo.