Merek-Merek China Menantang Dominasi Asus di Pasar Notebook

Notebook Asus China

Selular.ID – Di segmen smartphone, kecuali gaming phone, Asus mungkin bukan lagi pilihan utama konsumen di Indonesia.

Merek-merek China, seperti Oppo, Vivo, Xiaomi, dan Realme, telah menggantikan posisi Asus yang sebelumnya pernah berjaya lewat varian ZenPhone, sekitar 2014 – 2018.

Merek China kini menemani pemain lain yang sudah ‘klotokan’, seperti iPhone (Apple) dan Samsung. Keduanya memiliki loyalitas brand terbilang kuat dan sulit digantikan.

Jika di smartphone Asus tak kuasa menahan gempuran merek-merek China, berbeda halnya dengan notebook, di mana brand asal Taiwan itu masih menjadi penguasa pasar.

Berdasarkan data aktivasi dari Microsoft sejak Januari hingga 21 November 2021, market share Asus di segmen consumer notebook mencapai 43,59%.

Sepanjang periode itu, Microsoft mencatat bahwa lini laptop consumer Asus termasuk seri ZenBook dan VivoBook adalah yang paling diminati di Indonesia.

Baca Juga: Asus Vivobook Slate 13 OLED tablet rasa laptop untuk pelajar dan konten kreator!

Meski sempat turun di awal 2021, namun permintaan terhadap notebook Asus tetap tinggi. Bahkan mengalami lonjakan lebih dari 14% pangsa pasar.

Senada dengan Microsoft, laporan IDC menyebutkan sepanjang semester pertama 1-2021, Asus merajai pasar notebook Indonesia. Brand ini mampu menggenggam 25% pangsa pasar. Disusul Acer, Lenovo, HP, dan Dell.

Dengan penguasaan pasar yang terbilang dominan, hampir dipastikan dari setiap dua laptop yang diaktivasi di Indonesia, salah satunya merupakan notebook buatan Asus.

Pencapaian Asus tersebut terbilang luar biasa, mengingat persaingan antar brand terbilang ketat. Sementara Asus sudah menguasai posisi puncak sejak akhir 2013.

Agar posisi sebagai market leader tak disalip pemain lain, Asus pun rajin menggelontorkan beragam produk baru sesuai kebutuhan masyarakat.

Semua mengusung teknologi terkini, desain yang ciamik, dan harga kompetitif, seperti yang selama ini menjadi kekuatan Asus.

Teranyar, vendor yang berbasis di Distrik Beitou – Taipe itu, resmi meluncurkan notebook 5G pertamanya di Indonesia, yakni ExpertBook B7 Flip (B7402).

Diperkenalkan pada 9 Juni 2022, di Jakarta, notebook ini diposisikan sebagai perangkat bisnis yang menyasar kalangan profesional.

Asus ExpertBook B7 Flip merupakan notebook convertible yang memungkinkan layarnya diputar hingga 360 derajat. Sehingga notebook 5G ini dapat digunakan untuk berbagai skenario, seperti mode clamshell, mode tent, dan tablet.

Baca Juga: Notebook Gaming Asus ROG Zephyrus M16 Rilis 11 Mei 2021

Sebelumnya pada Maret 2022, Asus juga sudah menggelontorkan empat lini produk baru, yang menyasar kalangan kreator.

Keempatnya adalah Vivobook Pro X OLED series, Vivobook Pro OLED series, Zenbook Pro Duo 15 OLED (UX582), dan Zenbook 14 Flip OLED. Kesemuanya sudah ditenagai oleh prosesor dan GPU generasi terbaru.

Halaman berikutnya

Pasar Notebook Mulai Digempur Merek-Merek China