Jangan Beli Flagship! Berikut 3 Panduan Pilih Smartphone Berdasarkan Kebutuhan

Smartphone

Selular.ID – Bagi Anda yang ingin mengganti smartphone, sebaiknya tentukan dahulu apa yang sebenarnya dibutuhkan untuk aktivitas. Karena Flagship bukan solusinya.

Meski flagships memang menawarkan paket ponsel cerdas terlengkap, mereka sering kali memberikan kelebihan di beberapa area tapi gagal di area lain.

Misalnya smartphone flagship dengan keunggulan kamera, tapi kapasitas baterai yang kecil dan langsung boros.

Maka dari itu Tim Selular, memberikan panduan belanja (Buyers Guide) untuk menjadi penngguna smartphone yang spesifik.

Baca Juga: 5 Cara Ampuh untuk Hemat Kuota saat Sedang Lakukan Zoom Meeting

Karena selain dapat memenuhi kebutuhan anda di suatu bidang, dengan itu juga bisa menghemat banyak uang dibanding beli smartphone flagship.

Berikut 3 panduan dalam memilih smartphone yang dapat memenuhi kebutuhan anda dalam satu fokus:

1. Saya Butuh Smartphone Dengan Kualitas kamera mirrorless atau DSLR

Kasus yang pertama ini sering dijumpai banyak pengguna smartphone yang membutuhkan ponsel dengan kualitas fotografi setara dengan mirorrless/DSLR.

Seperti, “Saya menggunakan kamera ponsel saya untuk mengingat di mana saya memarkir mobil saya,” hingga “Saya seorang vlogger  dan tidak ingin membeli kamera khusus.”

Penting untuk diingat bahwa jumlah megapiksel yang lebih tinggi tidak berubah menjadi foto yang lebih baik, ukuran sensor, aperture, dan elemen lensa dalam kualitas gambar.

Sensor besar dengan aperture lebar sangat bagus untuk bidikan cahaya rendah, karena menangkap lebih banyak detail dan cahaya.

Kualitas kamera malam harus membidik smartphone dengan sensor utama lebih besar dari 1/1,7 inci. OIS juga harus dimiliki untuk foto dengan cahaya rendah.

2. Saya Butuh Smartphone Untuk Bermain Game

Game First person shooter dan permainan dengan visual tajam, membutuhkan  perangkat  yang memerlukan pertimbangan untuk mendapatkan hasil maksimal dari permainan.

Game seperti  seperti Apex Legends, Call of Duty, atau PUBG Mobile, Anda harus mencari beberapa fitur khusus.

Untuk mendapatkan gameplay semulus mungkin,pilih chipset Qualcomm Snapdragon 8-series, atau alternatif seperti MediaTek Dimensity 9000 atau Samsung Exynos 2200.

Setidaknya Anda membutuhkan 8 GB RAM untuk game modern, terutama jika Anda merekam gameplay, streaming, atau menjalankan  latar belakang seperti aplikasi musik.

Refresh rate tinggi dengan waktu respons piksel rendah membuat pengalaman bermain game terasa lebih lancar  dalam game aksi serba cepat seperti PUBG Mobile, Fortnite, dan Call of Duty Mobile.

Jika fokus Anda adalah memang membutuhkan permainan cepat, Anda harus punya kualutas  setidaknya 120Hz.

Ponsel gaming khusus memiliki baterai besar untuk beri daya pada sesi bermain yang lama, maka setidaknya butuh hingga 6.000 mAh.

Anda juga harus memperhatikan kecepatan pengisian cepat,setidaknya 30W, sehingga dapat mengisi ulang cepat saat  bermain game di mana saja.

Baca Juga: Kapasitas Ram 6 dan 8GB Mendominasi Penjualan Smartphone Minggu Ini