Ternyata Pita dari Chipset UniSoc Rentan Terhadap Gangguan Jaringan

Unisoc

Selular.ID – Telah ditemukan bug dari chipset UniSoc, yang ternyata adanya kerentanan terhadap gangguan jaringan.

Hal tersebut diungkap firma peneliatian keamanan siber check Point Research, mengumumkan temuannya  terkait kerentanan baru pada pita dasar chipset Unisoc.

Jadi, karena kerentanan tersebut dapat mempengaruhi modem jaringan yang merupakan bagian dari chipset dan bertanggung jawab atas jaringan.

Dengan permasalahan tersebut penyerang mengirim jaringan yang rusak dan menonaktifkan atau mengganggu konektivitas jaringan perangkat.

“Beberapa kerentanan yang dapat membahayakan modem dan kelemahan terkait chip lainnya yang dapat membahayakan pengguna ponsel Android.” Dalam Keterangan tertulis point research

Baca Juga: Ada 6 Smartphone Masuk Ke Pasar Indonesia Mei 2022

Selain itu, berpotensi memblokir komunikasi oleh aktor ancaman, dari jarak jauh.

Memanfaatkan kerentanan ini dapat digunakan untuk mengganggu komunikasi radio perangkat melalui paket yang salah format.

Penyerang atau bahkan unit militer dapat memanfaatkan kerentanan semacam itu untuk menetralisir komunikasi pada perangkat yang diseran

Check Point Research menemukan kerentanan dengan merekayasa balik  tumpukan protokol LTE pada  Unisoc T700 dalam ponsel Motorola Moto G20 (XT2128-2) dengan patch keamanan Januari 2022.

CPR sudah mengetahui perusahaan chipset tersebutm tentang temuannya dan beri penilaian 9,4 pada bulan Mei dan dikonfirmasi UNISOC sebelum mempublikasikan ke publik.

“Tim Unisoc sudah menandai kerentanan sebagai kritis  daru. UNISOC mengakui temuan dan, memberikan kerentanan skor 9,4 (kritis), dan menambalnya.” Ungkap CPR

Baca Juga: Realme C25Y Bawa Unisoc T610 Resmi di Indonesia Harga 2 jutaan