Spyware Buatan Italia Bisa Menyusup ke iPhone dan Ponsel Android

Spyware Buatan Italia Bisa Menyusup ke iPhone dan Ponsel Android
Spyware Buatan Italia Bisa Menyusup ke iPhone dan Ponsel Android

Selular.ID – Google mengidentifikasi vendor Italia RCS Lab sebagai pelaku spyware, menyusup ke iPhone dan ponsel Android di Italia dan Kazakhstan.

Spyware itu, dibuat oleh perusahaan bernama RCS Lab yang berbasis di Milan. RCS Lab mengklaim bekerja untuk beberapa klien yang merupakan lembaga penegak hukum di Eropa.

Spyware itu dikembangkan untuk memata-matai pesan-pesan dan nomor telepon pada ponsel yang menjadi sasaran.

RCS Lab mengeksploitasi kerentanan zero-day yang diketahui untuk menginstal muatan berbahaya dan mencuri data pengguna pribadi.

Baca Juga:Hati-Hati! Malware Android Ini Bisa Mereset Pabrik Smartphone Setelah Mencuri Uang

Menurut posting blog Google RCS Lab menggunakan kombinasi taktik, termasuk unduhan drive-by yang tidak biasa sebagai vektor infeksi awal.

“Perusahaan telah mengembangkan alat untuk memata-matai data pribadi dari perangkat yang ditargetkan,”

Pemerintah Italia dan Kazakhstan belum memberikan tanggapan atas laporan Google ini. Sementara juru bicara Apple mengatakan mereka sudah mencabut semua akun dan sertifikat yang berhubungan dengan peranti peretasan ini.

RCS Lab sendiri menyatakan produk dan layanan mereka sudah sesuai dengan regulasi di Eropa. Peranti yang mereka buat diklaim bisa membantu penegak hukum dalam menyelidiki kejahatan.

Baca Juga:Lebih dari 1.000 Ponsel Android Terinfeksi Spyware Berbahaya PhoneSpy

“Pegawai RCS Lab tidak terpapar atau ikut berpartisipasi dalam aktivitas dari para pelanggan,” terang RCS Lab, sembari mengecam penyalahgunaan perantinya oleh pihak lain.