Sejarah Awal Pencetus Adanya Istilah Metaverse

Metaverse

Selular.ID – Mengenal sejarah Metaverse pertama kali muncul, apakah Facebook pencetus pertama kali?

Istilah metaverse pertama kali muncul hampir 30 tahun lalu, tepatnya pada awal 1990-an dan telah dikritik sebagai metode membangun hubungan masyarakat dengan menggunakan konsep avatar, “over-the-top” hanya berdasarkan teknologi yang ada.

Sejarah Metaverse itu sendiri diciptakan dalam novel fiksi ilmiah Neal Stephenson pada tahun 1992 yang berjudul Snow Crash, di mana manusia, sebagai avatar, berinteraksi satu sama lain dan agen perangkat lunak dalam ruang virtual 3D yang menggunakan metafora dunia nyata.

Neal menggunakan istilah tersebut untuk menggambarkan penerus berbasis virtual reality ke Internet.

Baca juga : Pasar Metaverse Global Tumbuh Fenomenal, Industri Game Paling Diuntungkan

Lalu beranjak ke tahun 2003 adanya Second Life, second life ini adalah dunia virtual online, yang dikembangkan oleh Philip Rosedale dan timnya di Linden Lab pada tahun 2003.

Ini merupakan pendahulu dari dunia Metaverse yang sedang dikembangkan saat ini. Bahkan hari ini, Second Life memiliki basis pengguna aktif dari satu juta orang, masing-masing menghabiskan lebih dari empat jam sehari di dunia maya ini.

dan sekarang ini banyak game multipemain online berbagi dengan Metaverse, tetapi hanya menyediakan akses ke hal-hal yang berubah-ubah yang tersedia untuk beberapa pemain, konsep permainan virtual multi-alam semesta telah digunakan untuk membedakannya dari Metaverse.

Facebook turut berubah

Baca juga: Pelaku Blockchain Indodax Tanggapi Arahan Pemerintah tentang Metaverse