Para Raksasa Teknologi Membentuk Grup Standar Metaverse, Apple Belum Bergabung

Metaverse Forum

Selular.ID – Puluhan perusahaan teknologi dan telekomunikasi termasuk Meta Platforms, Huawei dan Qualcomm bersama-sama meluncurkan Metaverse Standards Forum untuk mengembangkan pedoman industri yang memastikan kompatibelnya dunia VR yang imersif.

Kelompok ini akan mengeksplorasi bagaimana koordinasi dan implementasi standar interoperabilitas dapat menghasilkan metaverse yang terbuka dan inklusif.

Dalam sebuah pernyataan, forum tersebut merinci rencana untuk mengembangkan terminologi dan pedoman penerapan yang konsisten, bersama dengan berbagai proyek untuk mendorong pengujian dan adopsi standar metaverse.

Forum ini diselenggarakan oleh perusahaan perangkat lunak Khronos Group dengan Adobe, Sony dan kelompok standar termasuk World Wide Web Consortium juga di antara para pesertanya.

Namun raksasa asal Cupertino, Apple belum bersedia bergabung dengan forum metaverse tersebut. Bloomberg melaporkan bahwa perusahaan sedang mengerjakan headset realitas campuran, yang berpotensi mengadunya dengan Meta Platform di metaverse.

Baca Juga: Pelaku Blockchain Indodax Tanggapi Arahan Pemerintah tentang Metaverse

Forum Standar Metaverse terbuka untuk semua perusahaan, kelompok standar dan universitas tanpa biaya, dengan pertemuan diharapkan dimulai pada bulan Juli.

Presiden Khronos Neil Trevett menyatakan forum tersebut adalah “tempat unik untuk koordinasi antara organisasi standar dan industri,” menguraikan misinya untuk “mendorong standarisasi pragmatis dan tepat waktu” dari metaverse.

Prospek metaverse memang diprediksi semakin meningkat. Dipicu oleh sejumlah sektor terutama game, pasar metaverse global diproyeksikan mencapai $28 miliar pada 2028, dari $510 juta tahun ini.

Laporan terbaru menunjukkan, pertumbuhan yang fenomenal itu didorong oleh tingkat pertumbuhan tahunan gabungan (CAGR) sebesar 95 persen.

Pandemi telah mempercepat evolusi internet, menghasilkan metaverse, di mana dunia maya menjadi lebih dari ruang 3D interaktif dengan bisnis dan jaringan, serta konten yang sesuai dengan dunia dalam game populer seperti Roblox.

Baca Juga: Ini Dia Eksploitasi yang Dikhawatirkan Dalam Pelaksanaan Metaverse

Menurut Valuates Reports, pertumbuhan pasar metaverse diharapkan akan dibantu oleh perluasan metaverse di platform media sosial.

“Berdasarkan aplikasi, industri game diharapkan menjadi yang paling menguntungkan. Untuk berpartisipasi dalam game generasi berikutnya, para pemain menjelajah ke dunia metaverse yang sebenarnya,” tulis laporan itu.