Niat Bikin Sendiri, Apple Masih Mengandalkan Modem 5G Qualcomm

Niat Bikin Sendiri, Apple Masih Mengandalkan Modem 5G Qualcomm
Niat Bikin Sendiri, Apple Masih Mengandalkan Modem 5G Qualcomm

Selular.ID – Baru-baru ini Apple dikabarkan masih mengandalkan memboyong modem 5G Qualcomm untuk seri iPhone 14 miliknya.

Ketergantungan Apple terhadap modem Qualcomm nampaknya bakal terus berlanjut hingga tahun 2023 mendatang.

Menurut Ming-Chi Kuo Analisis TF International dalam tweetnya pengembangan chip modem iPhone 5G Apple mungkin telah gagal,hal tersebut berdasarkan survei terbaru.

Meski mengalami kegagalan, Apple diprediksi akan tetap berupaya mengembangkan modem 5G-nya sendiri.

Kuo memprediksi bahwa Apple akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk menyelesaikan pengembangan modem 5G dengan kualitas tinggi.

Baca Juga:Banding Apple Terkait Paten Qualcomm Ditolak Oleh Mahkamah Agung

Kuo sendiri tak menjelaskan faktor yang melatarbelakangi kegagalan Apple mengembangkan modem 5G.

Meski begitu, Apple telah berupaya untuk tak bergantung dengan Qualcomm sejak 2019 lalu.

Apple tercatat telah membeli bisnis chip modem Intel untuk memulai pengembangan modem 5G.

Beberapa rumor menyebutkan bahwa Apple berada di jalur yang tepat untuk meluncurkan modem 5G-nya sendiri di akhir 2023. Modem 5G Apple kemungkinan baru akan rilis pada iPhone 15 atau generasi setelahnya

Pengembangan modem 5G ditujukan agar Apple tak bergantung pada Qualcomm atau produsen modem lainnya untuk perangkat iPhone.

Apple sangat ingin merancang modem 5G-nya sendiri sehingga tidak harus berurusan dengan Qualcomm.

Pada Juli 2019, Apple menghabiskan 1 miliar dolar AS untuk membeli sebagian besar bisnis modem ponsel cerdas Intel saat bersiap mengembangkan modem 5G sendiri untuk iPhone.

Setelah Apple menghabiskan 3 miliar dolar AS untuk membeli Beats Audio (yang diubah menjadi Apple Music), akuisisi bisnis modem ponsel cerdas Intel adalah pembelian terbesar kedua yang pernah dilakukan Apple.

Intel rupanya kesulitan membuat modem 5G untuk digunakan Apple sebagai pengganti Qualcomm. Dan kini tampaknya pembelian divisi Intel oleh Apple gagal membuahkan hasil yang berbeda.

Baca Juga:Apple Tegaskan Verifikasi Captcha Tak Akan Hadir di iOS 16

Kuo menambahkan dia yakin Apple akan terus bekerja mengembangkan chip modem 5G sendiri untuk iPhone. Sebelum Kuo menyebarkan cuitannya, sepertinya Apple akan menggunakan modem 5G-nya sendiri untuk pertama kalinya di lini iPhone 15 2023.