Handphone Blackmarket Masih Adakah Yang Jual ?

iPhone second ITC Fatwawati

Selular.ID – Menelusuri Handphone Blackmarket apakah masih ada yang jual dipasar smartphone pada saat ini.

Handphone Blackmarket dulu sempat sudah banyak beredar di Indonesia. Jika diartikan handphone Blackmarket adalah handphone yang beredar dipasar gelap.

Maksudnya beredar di pasar gelap disini adalah smartphone yang bereda secara tidak resmi seperti handphonr yang memasuki Indonesia tanpa melewati bea cukai.

Handphone tersebut dibarengi juga tanpa adanya garansi resmi dari perusahaan yang mengimport. Sehingga HP Blackmarket biasanya lebih murah dibandingkan smartphone yang dijual resmi.

Baca juga : Smartphone 5G Masih Kurang Peminatnya di Pasar, Apa Alasannya?

Kali ini redaksi Selular.ID menelusuri Mall ITC Fatmawati mencari tahu masih adakah penjual yang nakal dengan menjual smartphone blackmarket.

Toko pertama yang dikunjungi yakni toko Maxima Store, Endang selaku karyawan di toko tersebut menyebutkan bahwa sepengetahuan dia di ITC Fatmawati khususnya sudah tidak ada yang menjual handphone illegal tersebut.

“handphone blackmarket sepertinya sudah tidak ada ya disini, ditoko kita juga ga jual. karena takut juga kan kalau jual barang BM nanti penjualnya yang bisa kena masalah.” Kata Endang.

Selanjutnya masih di Mall ITC Fatmawati namun bergeser ketoko lain, yakni Hani dari toko Cerry. Bahwa hani juga mengiyakan hal tersebut bahwa sepertinya penjualan handphone blackmarket itu sudah jarang.

“Karena penjualan smartphone disaat ini juga kan sudah bagus bagus dari segi ruang penyimpanan, kamera sudah kualitas banyak yang bagus, baterai berkapasitas rata-rata sudah besar, dan harganya juga terjangkau. Jadi mungkin karena faktor itu barang BM sudah tidak ada lagi dipasar.” Kata Hani.

“untuk ditoko kami ya alhamdulillah tidak pernah jualan barang begituan, mungkin pada saat dahulu pas lagi ramai handphone BM bisa saja menjualnya, tapi kasian kepada pembelinya nanti bolak balik ke toko karena handphonenya itu banyak kekurangannya.”

Baca juga : iPhone Second Masih Ramai Peminatnya di ITC Fatmawati

Hani juga menambahkan bahwa mungkin masih ada penjualan handphone blackmarket tersebut, tapi dengan penjualannya via online.

“karena kan kalau penjualan ditoko langsung itu biasanya dikasih garansi resmi, tapikan kalo belinya lewat online kan belum tentu, dan banyak juga yang tidak memberikan garansi.”

Hani selanjutnya mengatakan jangan tergiur juga dengan potongan harga yang ada dipenjualan online yang tidak resmi, bisa jadi smartphone tersebut juga smartphone blackmarket.