Upaya OpenSea Rilis Sistem Baru Dalam Menindak Tegas NFT Palsu

OpenSea

Selular.ID – OpenSea telah menerapkan sistem baru untuk menemukan NFT palsu dalam upaya untuk mengurangi masalah penipuan yang berkembang.

Nantinya sistem baru dari OpenSea punya penghapusan otomatis dan juga bantuan manusia untuk menemukan “copimints” atau salinan palsu NFT.

Dengan mengidentifikasi koleksi NFT dengan volume atau minat penjualan tinggi dibagikan di pasar.

Pertama, OpenSea akan menggunakan sistem dua bagian untuk mendeteksi pemalsuan yang menggabungkan teknologi image recognition dan Human reviewers.

Baca Juga: Sedang Tren, Instagram Kini Bisa Jual Beli NFT

Perusahaan mengatakan sistem barunya akan terus memindai semua koleksi NFT (termasuk aset yang baru dicetak) untuk menemukan potensi pemalsuan.

Dengan bantuan peninjau manusia ( Human Reviews) akan memeriksa semua rekomendasi penghapusan.

“Sistem pencegahan copymint baru kami memanfaatkan teknologi computer-vision untuk memindai semua NFT di OpenSea. Sistem kemudian mencocokkan pindaian ini dengan sekumpulan koleksi asli, dimulai dengan beberapa koleksi yang paling banyak dicetak ulang  kami akan mencari flips, rotasi & permutasi lainnya,” tulis Anne Fauvre-Willis dari OpenSea dalam postingan tersebut.

Perusahaan mengatakan telah melihat beberapa pemalsuan dengan sistem deteksi copymint dan berencana untuk meningkatkan teknologi dalam beberapa minggu ke depan.

Baca Juga: Marketplace Line NFT Resmi Meluncur di Jepang

Perusahaan juga telah membuat beberapa pembaruan pada sistem verifikasi dan Badge-nya.

Karena, OpenSea akan membuka verifikasi akun untuk setiap pencipta yang memiliki setidaknya 100 ETH volume koleksi, yang saat ini setara dengan sekitar $205.000 USD.

Ini pada dasarnya berarti penjual harus sudah memiliki koleksi NFT yang signifikan untuk diverifikasi oleh OpenSea.

Sedangkan dari pihak pasar menyatakan bahwa mereka berencana untuk memperluas kriteria kelayakan untuk verifikasi karena terus mempelajari lebih lanjut.

Koleksi NFT juga akan mendapatkan Badge koleksi jika telah menghasilkan lebih dari 100 ETH dalam volume perdagangan.

OpenSea juga akan memerlukan nama profil, nama pengguna, alamat email terverifikasi, dan akun Twitter yang terhubung untuk verifikasi akun.

Baca Juga: 200 Kreator Tampil di Festival NFT yang Digelar Secara Hybrid, Catat Tanggalnya