Top 5 Vendor Smartphone di Indonesia Q1-2022, OPPO Tetap Memimpin

Oppo Find N Indonesia

Meskipun menghadapi masalah rantai pasokan pada akhir 2021, yang sangat menurunkan pangsanya, Xiaomi berhasil meluncurkan seri Note 11 pada akhir Q1 2022, menunjukkan komitmen merek untuk memasuki segmen menengah kelas atas.

Realme memperkuat posisinya sebagai merek yang terjangkau dengan menambahkan seri C31 dan Narzo ke dalam portofolio produknya untuk segmen kelas bawah.

Seri flagship terbarunya 9 Pro untuk segmen premium yang terjangkau juga mendapat sambutan hangat dari konsumen.

Baca Juga: Top 5 India: Xiaomi Pimpin Q1, Realme Menang Banyak

Semua vendor ingin mendapatkan keuntungan dari pemulihan ekonomi dan permintaan yang meningkat.

Dengan lebih banyak orang yang mengunjungi toko fisik setelah pelonggaran pembatasan pandemi, penetrasi saluran online hanya naik 1% dari 17% pada Q1 2022.

Penetrasi smartphone 5G mencapai 16% pada Q1 2022, dibandingkan dengan 4% pada Q1 2021.

Smartphone 5G masih fokus pada segmen harga menengah ke atas, tetapi analis memprediksi konsumen akan melihat smartphone 5G yang lebih terjangkau akhir tahun ini.

Baca Juga: 34 Ponsel 5G yang Bisa Digunakan di Indonesia

Tentang prospek tahun 2022, Febriman Abdillah mengatakan, “Pasar smartphone Indonesia akan memiliki tahun 2022 yang menjanjikan. Brand akan terus meluncurkan model baru, menghadirkan smartphone 5G yang lebih terjangkau, dan mendorong penjualan saluran online dengan bermitra dengan portal e-commerce.”

“Kisaran harga $150-$249 (Rp2,2 juta-Rp3,6 juta) bisa menjadi segmen smartphone dengan pertumbuhan tercepat, terhitung 35% dari pasar,” pungkasnya.

Baca Juga: Smartphone 5G Oppo, Realme dan Infinix Siap Gempur Pasar Indonesia di 2022, Begini Komitmennya