Smartphone 5G Jadi Penopang Pertumbuhan Lenovo, Sayang di Indonesia Kalah Saing

5G Lenovo

Selular.ID – Lenovo menghasilkan pendapatan dua digit dan pertumbuhan laba di divisi selular. Perluasan portofolio ponsel cerdas, terbukti mampu mendorong penjualan model 5G lebih dari tiga kali lipat tahun-ke-tahun pada kuartal keempat tahun fiskal 2022 (berakhir 31 Maret).

Dalam sebuah pernyataan pendapatan, Lenovo menyoroti 5G untuk semua strategi dan memperkuat kolaborasi dengan operator seluler sebagai pendorong utama untuk pertumbuhan smartphone, mencatat portofolio produknya yang lebih luas memberikan pangsa pasar dua digit di Amerika Utara untuk pertama kalinya sejak akuisisi Motorola Mobility.

Ke depan, Lenovo berencana untuk fokus pada perluasan jajaran produk dan diferensiasinya untuk memanfaatkan peningkatan adopsi 5G dan lanskap persaingan yang terus berubah.

Pendapatan smartphone untuk tahun fiskal penuh melonjak 39 persen menjadi $7,9 miliar, dengan laba operasi lebih dari dua kali lipat menjadi $362 juta.

Baca Juga: Spesifikasi  dan Harga Lenovo Legion 5i dan Legion 5i Pro Dengan Chipset Terbaru dari Intel

Intelligent Device Group (IDG) Lenovo, yang mencakup smartphone, tablet, dan PC, mencatat kenaikan pendapatan fiskal Q4 sebesar 8 persen tahun-ke-tahun menjadi $14,7 miliar, meskipun ada gangguan pasokan dan produksi yang disebabkan oleh penguncian Covid-19 (virus corona) di Cina. Laba operasional meningkat 14 persen menjadi $1,1 miliar.

Pendapatan seluruh perusahaan, yang mencakup IDG, infrastruktur dan layanan TI, meningkat 6,8 persen menjadi $ 16,7 miliar dan laba bersih naik 58 persen menjadi $ 412 juta.

Meski secara global, terutama Eropa dan Amerika Utara yang menjadi basis penjualan, Lenovo tak mampu bersaing di sejumlah kawasan, termasuk Indonesia.

Keteteran menghadapi para kompetitornya, seperti Oppo, Vivo, Xiaomi, Apple, Samsung, Lenovo akhirnya memilih cabut. Vendor lebih memilih fokus pada pasar yang secara tradisional dikuasai oleh Motorola, brand smartphone yang diakuisisinya pada 2015.

Baca Juga: Di Bisnis Komputer, Lenovo Indonesia Masih Bergantung Pada Laptop

Tidak sepenuhnya menghilang dari pasar Indonesia, Lenovo mengalihkan produksi ke pihak ketiga yaitu InOne Technology yang bertugas untuk mendesain, membuat, dan menjual produk Lenovo.

Melepas Lenovo pada InOne Technology, Lenovo resmi hengkang dari Indonesia sejak tahun 2018 lalu. Padahal, merek ponsel Lenovo pernah popular di Indonesia, saat merek ponsel China lainnya belum datang dan menguasai pasar Indonesia.

Periode 2015 – 2017, Lenovo mampu meraih pangsa pasar yang signfikan. Brand yang juga penguasa pasar laptop di dunia itu, kerap berada di posisi lima besar vendor smartphone Indonesia.