Ramadan dan Lebaran 2022, Trafik Data Telkomsel Tumbuh 21%

Direktur Marketing Telkomsel Derrick Heng mengunjungi posko Telkomsel SIAGA yang dihadirkan untuk memberikan layanan bagi pelanggan selama momen Ramadan dan Idul Fitri 1443 H pada beberapa lokasi spesial, seperti pusat pelayanan publik, pusat perbelanjaan, dan jalur mudik.

Selular.ID – Sepanjang momen Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) 1443 H, Telkomsel mencatat adanya lonjakan trafik layanan data hingga 45.1 Petabyte (PB), atau tumbuh 21 persen dibanding momen yang sama tahun sebelumnya.

Vice President Corporate Communications Telkomsel Saki Hamsat Bramono mengatakan, “Dengan semakin tingginya percepatan adopsi gaya hidup digital masyarakat saat ini, terutama sebagai dampak menyesuaikan kebiasaan baru di masa pandemi yang sudah berlangsung selama dua tahun terakhir, Telkomsel mencatatkan adanya lonjakan trafik layanan data pada periode Lebaran tahun ini sebesar 21 persen dibandingkan periode RAFI tahun lalu, atau 9 persen dibanding hari biasa.”

“Di sisi lain, untuk layanan SMS dan panggilan suara (voice) di momen Ramadan dan Idul Fitri 2022 masing-masing mengalami penurunan sebesar 31 persen dibandingkan periode tahun sebelumnya,” imbuhnya.

Baca Juga: Perbaikan ARPU dan Lonjakan Trafik Data, Dorong Peningkatan Laba Operator Selular

Direktur Planning and Transformation Telkomsel Wong Soon Nam memastikan infrastruktur serta layanan yang dimiliki Telkomsel sudah optimal selama momen Ramadan dan Idul Fitri 1443 H yang dimaknai sebagai momentum #SambungkanSenyuman dengan memberikan nilai tambah bagi pelanggan untuk menjaga optimisme dalam berbagi kebaikan melalui pemanfaatan akses konektivitas serta layanan digital.

Saki lebih lanjut menjelaskan, lonjakan trafik komunikasi layanan data dan digital selama periode RAFI 2022 tersebut didorong dengan tumbuhnya aktivitas digital pelanggan yang meliputi akses layanan communication (instant messaging dan video conference) yang naik mencapai 21 persen, mobile gaming melonjak hingga 17 persen, streaming video sekira 16 persen, dan akses media sosial yang meningkat mencapai 3 persen, dibandingkan hari biasa.

Sedangkan untuk akses layanan e-commerce mengalami penurunan sekira 38 persen, diikuti aktivitas browsing yang juga berkurang 7 persen.

Telkomsel juga mencatat adanya peningkatan aktivitas akses pada sejumlah aplikasi/platform favorit seperti WhatsApp (tumbuh 35%), TikTok (meningkat 16%), Instagram (naik 15%), YouTube (melonjak 13%) dan Facebook (naik 1%).

Baca Juga: Ramadan Ini Telkomsel Prediksi Trafik Layanan Data Tumbuh 9,4%

Seluruh aktivitas digital pelanggan tersebut turut berkontribusi dalam pertumbuhan trafik penggunaan layanan data selama RAFI 2022 di sejumlah wilayah dibandingkan hari biasa, seperti di wilayah operasional Kabupaten Tasikmalaya (Provinsi Jawa Barat) naik sekira 43 persen, Kabupaten Garut (Provinsi Jawa Barat) tumbuh 34 persen, Kabupaten Cilacap (Provinsi Jawa Tengah) sebesar 50 persen, wilayah Kabupaten Cirebon (Jawa Barat) naik sekira 28 persen, dan wilayah Kabupaten Ciamis (Provinsi Jawa Barat) tumbuh 42 persen.

Direktur Marketing Telkomsel Derrick Heng mengunjungi posko Telkomsel SIAGA yang dihadirkan untuk memberikan layanan bagi pelanggan selama momen Ramadan dan Idul Fitri 1443 H pada beberapa lokasi spesial, seperti pusat pelayanan publik, pusat perbelanjaan, dan jalur mudik.

Seiring dengan kebijakan pemerintah yang memberi kemudahan masyarakat untuk mudik jelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 2022, Telkomsel juga menemukenali adanya pergerakan pelanggan yang cukup signifikan dari wilayah Jabodetabek ke sejumlah wilayah yang menjadi tujuan mudik di wilayah Pulau Jawa seperti provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Untuk wilayah Jawa Barat sendiri mengalami peningkatan kedatangan pelanggan sebesar 13 persen, sedangkan untuk Jawa Tengah meningkat sebesar 17 persen, dan Jawa Timur sekitar 6 persen, dibandingkan hari biasa.